MELALUI IHT (IN-HOUSE TRAINING) DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 PANJI DALAM MENGAJAR MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • munawar munawar Smp Negeri 1 Panji

Abstract

Perencanaan pembelajaran yang mencakup kegiatan mengkaji kurikulum, menyusun silabus, strategi pembelajaran, sumber belajar yang digunakan dan satuan kegiatan pembelajaran sebenarnya justru merupakan hal terpenting karena perencanaan merupakan landasan dari pelaksanaan yang dilakukan. Akan tetapi hal ini sering terabaikan karena banyak guru yang menganggap bahwa perencanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan mencontoh dokumen dokumen yang disusun sekolah lain. Hal ini berdampak pada banyaknya perencanaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan kompetensi dan kinerja guru melalui IHT (In-House Training) di SMP Negeri 1 Panji dalam Mengajar matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah penulis uraikan pada bab pembahasan di atas tentang Melalui IHT (In-House Training) dapat Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru SMP Negeri 1 Panji dalam Mengajar matematika Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: ada peningkatan kompetensi mencapai 67% siklus I meningkat menjadi 96% siklus II dan kinerja guru mencapai 73% meningkat menjadi 85% siklus II melalui IHT (In-House Training).

Published
2022-01-19
How to Cite
MUNAWAR, munawar. MELALUI IHT (IN-HOUSE TRAINING) DAPAT MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 PANJI DALAM MENGAJAR MATEMATIKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 373-383, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1479>. Date accessed: 07 july 2024.