PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTS

  • eges triwahyuni Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Kustiyowati Kustiyowati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Pascalian Hadi Pradana Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan yang memhami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Augmented Reality untuk media pembelajaran disekolah mata pelajaran matematika kelas VIII. Lokasi penelitian yang ditetapkan oleh peneliti SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan oleh peneliti yang didapatkan secara langsung. Pengidentifikasian sumber data dilakukan dengan prinsip snow ball, dimana informasi dari informan pertama akan dijadikan sebagai informasi kunci untuk menentukan informan selajutnya yang memberikan data penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini seperti penelitian studi kasus pada umumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut (1). Reduksi Data (2) Penyahian Data (3) Menarik Kesimpulan. Kesimpulan bahwa pemanfaatan Augremed Reality untuk kemandirian materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/Mts di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember meliputi (1) untuk mendaftar akun Augmented Reality (2) untuk mengoprasikan Augmented Reality (3) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Augremed reality adalah siswa cara mengoprasikan dalam software Augmented Reality karna belum terbiasa mengoprasikannya karna merupakan pertama kali menggunakanya dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa didampingi oleh guru untuk saat menggunakan Augmented Reality dalam pembelajaran.

Published
2022-01-12
How to Cite
TRIWAHYUNI, eges; KUSTIYOWATI, Kustiyowati; PRADANA, Pascalian Hadi. PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY UNTUK MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP/MTS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 141-150, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1446>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1446.