ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN DISPOSISIMATEMATIS SIWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

  • sofi amaliyah STKIP PGRI Situbondo
  • Zainul Munawwir STKIP PGRI Situbondo
  • Yesi Puspitasari STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dan


disposisi matematis siswa yang ditinjau dari gaya belajar. Gaya belajar yang dimaksud


terdiri dari 3 jenis, yaitu gaya belajar auditori, visual dan kinestetik. Penelitian ini


merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa


kelas XI MA Sarji Ar-Rasyid sebanyak 6 siswa dengan kategori 2 siswa bergaya


belajar auditori, 2 siswa bergaya belajar visual dan 2 siswa bergaya belajar kinestetik.


Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 4 metode yaitu; angket gaya


belajar, tes kemampuan berpikir reflektif, angket disposisi matematis dan wawancara


kemudian dianalisis pada masing-masing metode pengumpulan data. Hasil penelitian


menunjukkan bahwa siswa auditori yang memiliki kemampuan berpikir reflektif


tinggi memiliki kriteria tingkat disposisi matematis yang sedang, sedangkan siswa


auditori yang memiliki kemampuan berpikir reflektif sedang memiliki kriteria tingkat


diposisi matematis yang tinggi. Siswa visual yang memiliki kemampuan berpikir


reflektif sedang memiliki kriteria tingkat disposisi matematis yang sedang, siswa


visual yang memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah memiliki kriteria tingkat


diposisi matematis yang sedang. siswa kinestetik yang memiliki kemampuan berpikir


reflektif rendah memiliki kriteria tingkat disposisi matematis yang rendah, sedangkan


siswa kinestetik yang memiliki kemampuan berpikir reflektif tinggi memiliki kriteria


tingkat diposisi matematis yang sedang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan yang


baik tidak menjamin tingkat disposisinya juga akanbaik, begitu pula sebaliknya.

Published
2022-01-07
How to Cite
AMALIYAH, sofi; MUNAWWIR, Zainul; PUSPITASARI, Yesi. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN DISPOSISIMATEMATIS SIWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 305-322, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1429>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1429.