MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DARING MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • queen elvina sevtivia asrivi Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen waktu belajar mahasiswa


PGMI Semester IV selama Pandemi Covid-19 melalui model hybrid learning mata kuliah


Pembelajaran Tematik Terpadu. Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) salah satu langkah manusia


supaya produktif beaktifitas selama pandemi Covid-19. Sektor pendidikan tinggi melalui SE


Mendikbud No. 0173/E.E2/PM/2021 mengenai pelaksanaan perkuliahan menggunakan model


hybrid learning dengan pelaksanaan secara daring dan luring secara bergantian. Hal tersebut


didasari kebijakan perkuliahan sifting dari Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal.


Metode penelitian ini kualitatif deskriptif menggunakan analisis data Miles and Huberman


dengan tahapan pengumpulan, reduksi data, analisis dan interpretasi data. Keabsahan data


menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik yaitu wawancara, kuesioner dan


observasi sedangkan sumber berupa partisipan penelitian yang bekerja baik dalam atau luar


sektor pendidikan. Subjek penelitian yaitu mahasiswa PGMI Angkatan 2019 sebanyak 5


mahasiswa. Hasil penelitian ini mahasiswa memiliki manajemen waktu belajar yang baik


ditandai dengan komitmen bekerja dan kuliah, pembagian waktu bekerja dan kuliah terjadwal


dengan baik selama AKB didukung dengan platform edukasi Google Clasroom dan media


YouTube. Mahasiswa yang bekerja baik sektor pendidikan maupun diluar itu memiliki


motivasi memiliki kompetensi tinggi dan siap menghadapi kompetisi masa depan.

Published
2022-01-07
How to Cite
ASRIVI, queen elvina sevtivia. MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DARING MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 295-304, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1428>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1428.