PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DI SEKOLAH

  • Medlin Lumban Gaol Universitas Dharmas Indonesia
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Fitri Handayani Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA


tema 8 di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya


pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA


tema 8 di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan


desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa


kelas V SDN 06 Sitiung Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan


dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Dan sampel penelitian ini adalah kelas V


yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian


ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah


uji normalitas dan uji hipotesis melalui SPSS 20 pada taraf 0,05. Hasil penelitian


menunjukkan bahwa model pengaruh Time Token memberikan pengaruh yang baik


terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari perolehan rata-rata nilai pre-test


dan post-test yang diperoleh dari siswa kelas V dengan perolehan rata-rata The rata-rata


pre-test adalah 66 dan post-test adalah 77. Berdasarkan analisis yang dilakukan,


diperoleh nilai signifikansi model pembelajaran Time Token.

Published
2022-01-07
How to Cite
GAOL, Medlin Lumban; RATNAWATI, Ratnawati; HANDAYANI, Fitri. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 8 DI SEKOLAH. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 277-285, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1426>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1426.