PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARANIPS DI KELAS VII MTS NURUL FATAH TENGGIR

  • fairus sadek STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Salah satu penilaian hasil belajar siswa yaitu penilaian sikap. Hal ini sesuai dengan


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun


2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menyebutkan bahwa penilaian sikap


merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi


deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Berbagai masalah terjadi akibat kurang


berkembangnnya sikap sosial yang baik di kehidupan terutama di sekolah. Seperti kasus


beredarnya video kekerasan sejumlah siswa yang terjadi di sekolah. Kasus kekerasan


tersebut menggambarkan sikap tanggung jawab siswa yang tidak baik. Sebagai seorang


siswa di sekolah seharusnya dapat menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya.


Guru sebagai sosok yang menjadi teladan merupakan salah satu faktor yang


mempengaruhi dalam mengembangkan sikap sosial siswa. Siswa sosial yang


dikembangkan disekolah, jujur, disiplin, tanggung jawab,santun, percaya diri, dan


peduli. Peran guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa disekoalh sangat berarti


sekali bagi kepribadian siswa, peran guru sebagai demonstrator, komunikator,


oganisator, motivator, inspirator, evaluator dan pendidik. Perbedaannya terletak pada


peran guru sebagai komunikator, motivator, inspirator, dan pendidik.

Published
2022-01-07
How to Cite
SADEK, fairus. PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARANIPS DI KELAS VII MTS NURUL FATAH TENGGIR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 215-228, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1421>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1421.