PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARANIPS DI KELAS VII MTS NURUL FATAH TENGGIR
Abstract
Salah satu penilaian hasil belajar siswa yaitu penilaian sikap. Hal ini sesuai dengan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun
2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan yang menyebutkan bahwa penilaian sikap
merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi
deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Berbagai masalah terjadi akibat kurang
berkembangnnya sikap sosial yang baik di kehidupan terutama di sekolah. Seperti kasus
beredarnya video kekerasan sejumlah siswa yang terjadi di sekolah. Kasus kekerasan
tersebut menggambarkan sikap tanggung jawab siswa yang tidak baik. Sebagai seorang
siswa di sekolah seharusnya dapat menjalankan tanggung jawab sebagaimana mestinya.
Guru sebagai sosok yang menjadi teladan merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi dalam mengembangkan sikap sosial siswa. Siswa sosial yang
dikembangkan disekolah, jujur, disiplin, tanggung jawab,santun, percaya diri, dan
peduli. Peran guru dalam mengembangkan sikap sosial siswa disekoalh sangat berarti
sekali bagi kepribadian siswa, peran guru sebagai demonstrator, komunikator,
oganisator, motivator, inspirator, evaluator dan pendidik. Perbedaannya terletak pada
peran guru sebagai komunikator, motivator, inspirator, dan pendidik.