PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Silfia masrurotul laili STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik dassucik STKIP PGRI Situbondo
  • irma noervadila STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Dilihat dari masa pandemi saat ini minat belajar mahasiswa sepertinya kurang


baik. Maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran


daring dan luring berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa pada masa


pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Metode


pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil


penelitian yang diperoleh menggunakan rumus chi square menghasilkan sebesar


1,6566 yang apabila dikonsultasikan dengan rtabel dengan (db) = 1 pada tabel taraf


signifikansi 5% = 3,841. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan harga


rhitung 1,6566 < harga rtabel. Untuk hasil analisis minor pertama untuk uji


signifikansi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa yang


diperoleh hasil rhitung 0,0232 dan taraf signifikansi 5% = 3,841 artinya harga rhitung


< harga rtabel. Untuk hasil analisis minor kedua untuk uji signifikansi pembelajaran


luring terhadap minat belajar mahasiswa yang diperoleh hasil rhitung 14,2734 dan


taraf signifikansi 5% = 3, 841 artinya harga rhitung > harga rtabel.

Published
2022-01-07
How to Cite
LAILI, Silfia masrurotul; DASSUCIK, Dassucik; NOERVADILA, irma. PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 205-214, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1418>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1418.