PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Dilihat dari masa pandemi saat ini minat belajar mahasiswa sepertinya kurang
baik. Maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran
daring dan luring berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa pada masa
pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil
penelitian yang diperoleh menggunakan rumus chi square menghasilkan sebesar
1,6566 yang apabila dikonsultasikan dengan rtabel dengan (db) = 1 pada tabel taraf
signifikansi 5% = 3,841. Maka dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan harga
rhitung 1,6566 < harga rtabel. Untuk hasil analisis minor pertama untuk uji
signifikansi antara pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa yang
diperoleh hasil rhitung 0,0232 dan taraf signifikansi 5% = 3,841 artinya harga rhitung
< harga rtabel. Untuk hasil analisis minor kedua untuk uji signifikansi pembelajaran
luring terhadap minat belajar mahasiswa yang diperoleh hasil rhitung 14,2734 dan
taraf signifikansi 5% = 3, 841 artinya harga rhitung > harga rtabel.