PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA POGRAM STUDIPENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

  • najmil aufa STKIP PGRI Situbondo
  • ahmad hafas rasyidi STKIP PGRI Situbondo
  • nursalam nursalam STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Motivasi merupakan kegiatan inti dalam suatu proses pendidikan, motivasi belajar


adalah merupakan kewajiban bagi setiap peserta didik untuk mengembangkan


kualitas dan kemampuannya yang ada pada diri masing-masing peserta didik. Tujuan


dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi terhadap


minat belajar mahasiswa pogram studi pendidikan ekonomi semester genap tahun


akademik 2020/2021. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan


rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry(1,2) empiric sebesar 0,72.


Yang apabila dikonsultasikan dengan R-tabel dengan N sebanyak 52 responden dan


taraf signifikansi 5% diperoleh 0,274 perhitungan tersebut dimaksudkan untuk


membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil


perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 26,7552. Dan apabila


dikonsultasikan dengan F tabel untuk db=2 dan db=49 dengan taraf signifikansi 5%


diperoleh 3,1866. Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan


Freg lebih besar dari F-tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja


mayor yang berbunyi “Adapengaruh motivasi terhadap minat belajar mahasiswa


pogram studi pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2020/2021”.”


diterima. Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 52,17%%. Ini


berarti sumbangan efektif dari keseluruhan prediktor motivasi memberikan


sumbangan sebesar 52,17%dan variabel–variabel (faktor lain) yang tidak ikut di teliti


sebesar 100% – 52,17 % = 47,83 % Sumbangan efektif (SE) prediktor (X1)


motivasiinstrinsikterhadap kriterium (Y) minat belajar mahasiswa 13,27 %,


sumbangan efektif (SE) prediktor (X2) motivasiekstrinsikterhadap minat belajar


mahasiswa (Y) 38,27 %, ini menunjukan bahwa motivasi ekstrinsik lebih


berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dibanding motivasi instrinsik".

Published
2022-01-07
How to Cite
AUFA, najmil; RASYIDI, ahmad hafas; NURSALAM, nursalam. PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA POGRAM STUDIPENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 192-204, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1417>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1417.