PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA POGRAM STUDIPENDIDIKAN EKONOMI SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021
Abstract
Motivasi merupakan kegiatan inti dalam suatu proses pendidikan, motivasi belajar
adalah merupakan kewajiban bagi setiap peserta didik untuk mengembangkan
kualitas dan kemampuannya yang ada pada diri masing-masing peserta didik. Tujuan
dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi terhadap
minat belajar mahasiswa pogram studi pendidikan ekonomi semester genap tahun
akademik 2020/2021. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan
rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry(1,2) empiric sebesar 0,72.
Yang apabila dikonsultasikan dengan R-tabel dengan N sebanyak 52 responden dan
taraf signifikansi 5% diperoleh 0,274 perhitungan tersebut dimaksudkan untuk
membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil
perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 26,7552. Dan apabila
dikonsultasikan dengan F tabel untuk db=2 dan db=49 dengan taraf signifikansi 5%
diperoleh 3,1866. Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan
Freg lebih besar dari F-tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja
mayor yang berbunyi “Adapengaruh motivasi terhadap minat belajar mahasiswa
pogram studi pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2020/2021”.”
diterima. Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 52,17%%. Ini
berarti sumbangan efektif dari keseluruhan prediktor motivasi memberikan
sumbangan sebesar 52,17%dan variabel–variabel (faktor lain) yang tidak ikut di teliti
sebesar 100% – 52,17 % = 47,83 % Sumbangan efektif (SE) prediktor (X1)
motivasiinstrinsikterhadap kriterium (Y) minat belajar mahasiswa 13,27 %,
sumbangan efektif (SE) prediktor (X2) motivasiekstrinsikterhadap minat belajar
mahasiswa (Y) 38,27 %, ini menunjukan bahwa motivasi ekstrinsik lebih
berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dibanding motivasi instrinsik".