UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19

  • hasna quin afdhila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter tanggung


jawab siswa selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian


yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa


wawancara pada guru wali kelas VI, guru wali kelas V sebelumnya, dan juga kuisioner yang


dibagikan ke siswa, serta wali murid SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Adapun metode


pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil


penelitian ini yaitu upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa dengan cara


berdoa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai, memberikan soal yang ada batas


waktu mengerjakan sehingga membuat siswa menjadi lebih disiplin, tanggung jawab dalam


pengumpulan tugas, pengecekan kelengkapan tugas-tugas, konsekuensi yang diberikan guru


untuk siswa yang tidak mengerjakan tugas, tanggung jawab siswa saat masuk dalam


pembelajaran online, serta memberikan teguran terhadap siswa yang tidak mengerjakan tugas


dengan hasil karya sendiri.

Published
2022-01-06
How to Cite
AFDHILA, hasna quin; SETIAWAN, Fajar; MARTATI, Badruli. UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 174-183, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1413>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1413.