ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANTU INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • amalia risqi puspitaningtyas universitas abdurachman saleh situbondo

Abstract

Interaksi sosial merupakan hal yang penting dilakukan oleh seluruh siswa ketika sedang


melakukan pembelajaran di sekolah baik bagi anak berkebutuhan khusus ataupun siswa


reguler. Anak berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan


lingkunganya. SDN kilensari 2 merupakan sekolah inklusi dimana anak berkebutuhan


khusus dan siswa reguler belajar dalam satu kelas yang sama, hal ini mampu membantu


anak berkebutuhan khusus berinteraksi dengan teman reguler dengan bantuan dari guru.


Bentuk interaksi yang di lakukan oleh guru yaitu kerjasama, guru bekerjasama dengan


guru pendamping untuk mengenal anak berkebutuhan khusus terkait pemberian materi,


tugas dan nilai dan bekerjasama dengan siswa reguler untuk tidak membandingkan anak


berkebutuhan khusus dengan siswa lainnya. Interaksi selanjutnya yaitu asimilasi, guru


pengajar dalam membimbing anak berkebutuhan khusus tidak takut untuk berinteraksi


dengan siswa reguler.

Published
2022-01-06
How to Cite
PUSPITANINGTYAS, amalia risqi. ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMBANTU INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 163-172, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1412>. Date accessed: 16 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1412.