META-ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • irmatun nadhifah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • meirza nanda faradita STKIP PGRI Situbondo
  • Fitroh Setyo Putro Pribowo Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi ini harus dilakukan secara daring atau


belajar dari rumah. Adapun sarana yang digunakan sebagai salah satu media


pembelajaran yang sesuai dan membantu belajar siswa belajar dari rumah adalah video


pembelajaran melalui youtube. Berdasarkan kondisi yang terjadi selama pandemi serta


kajian dari beberapa teori di atas maka tujuan penelitian ini adalah menganalisis


penggunaan video youtube dalam pembelajaran jenjang Sekolah Dasar dan mengetahui


adanya peningkatan hasil belajar serta motivasi belajar siswa yang diperoleh pada saat


menggunakan video youtube dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan


adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta-analisis untuk


menganalisis hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data yang diperoleh dalam


penelitian ini dilakukan dengan cara menelusuri jurnal yang tersedia di media elektronik


(internet) yang sesuai dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil analisis data yang


telah tersaji, diketahui bahwa penggunaan youtube dapat meningkatkan hasil belajar dan


motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil analisis 10 jurnal, 5 jurnal dengan rata


– rata nilai hasil belajar sebesar 83,59 dan 5 jurnal lainnya menunjukkan peningkatan


motivasi belajar semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat


dikemukakan saran dari penulis bahwa guru dapat menggunakan media video youtube


sebagai salah satu media yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motovasi


belajar siswa.

Published
2022-01-06
How to Cite
NADHIFAH, irmatun; FARADITA, meirza nanda; PRIBOWO, Fitroh Setyo Putro. META-ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 132-140, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1409>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1409.