PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GENAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2020/2021

  • suryadi suryadi STKIP PGRI Situbondo
  • ahmad hafas rasyidi STKIP PGRI Situbondo
  • nursalam nursalam STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar mahasiswa STKIP PGRI Situbondo semester genap program studi pendidikan ekonomi tahun akademik 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester 2, 4 dan 6 Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Situbondo. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dan selanjutnya dianalisis dengan Uji Chi Kuadrat. Dari hasil analisis data yang diperoleh Hal ini dibuktikan dari hasil analisis yang menggunakan korelasi sederhana product moment diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,47. Setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi diatas maka nilai 0,44 terletak antara ± 0,41 s.d ± 0,60 maka tingkat korelasi antara pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar mahasiswa ialah korelasi sedang. Hasil pengujian hipotesis selengkapnya adalah sebagai berikut : Harga rtabel (X2 ) dengan derajat kebebasan (db) = 1 pada tabel taraf signifikasi 5% = 3,841. Sedangkan harga rhit sebesar = 11,59. Jadi harga rhit 11,59 > harga rtab 3,841, Jadi rhit lebih besar dari rtab artinya hipotesis nihil (Ho) ditolak,dan hipotesis kerja (Ha) diterima, berarti Ada pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Published
2022-01-06
How to Cite
SURYADI, suryadi; RASYIDI, ahmad hafas; NURSALAM, nursalam. PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GENAP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 112-121, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1407>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1407.