PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SEMESTER GENAP MTS NURUL FATAH LUMUTAN

  • fadlullahil karim STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Disiplin adalah pernyataan mental dari individu maupun masyarakat yang mecerminkan rasa ketaatan, kepatuhan yang didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugasnya kewajiban dalam rangka pencapaian tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII semester genap MTs Nurul Fatah Lumutan Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020. Setelah menganalisa data dan pengujian hipotesis, didapat nilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan disiplin belajar di rumah (X1) dengan mengabaikan disiplin belajar di sekolah (X2) dan disiplin belajar di masyarakat (X3) sebesar 0,33 sementara nilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan disiplin belajar disekolah (X2) dengan mengabaikan disiplin belajar di rumah (X1) dan disiplin belajar di masyarakat (X3) sebesar 0,22 % sedangkan nilai tingkat koefisien korelasi antara hasil belajar (Y) dengan disiplin belajar dimasyarakat (X3) dengan mengabaikan disiplin belajar di rumah (X1) dan disiplin belajar di sekolah (X2) sebesar 0,24 serta nilai tingkat koefisien korelasi antar ketiga variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya Ry(1,2,3) sebesar 0,51. Pada pengujian hipotesis minor pertama ada pengaruh disiplin belajar di rumah terhadap hasil belajar dan juga minor ketiga yaitu ada pengaruh disiplin belajar di masyarakat terhadap hasil belajar sedangkan minor kedua ada pengaruh disiplin belajar di sekolah terhadap hasil belajar, Yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar adalah disiplin belajar di rumah bila dibandingkan variabel yang lainnya. Selanjutnya membuktikan hipotesis kerja mayor dengan menggunakan uji Freg, hipotesis kerja mayor akan terbukti apabila f-hitung lebih besar dari F tabel dengan taraf signifikan 5%. Besar F-hitung adalah 11,537 sedangkan F tabel adalah 2,6994 pada N = 100, berarti F-hitung lebih besar dari F-tabel sehingga dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa.

Published
2022-01-05
How to Cite
KARIM, fadlullahil. PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SEMESTER GENAP MTS NURUL FATAH LUMUTAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 28-40, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1395>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1395.