PENGARUH INTENSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS FATHUS SALAFI MANGARAN

  • farid musyaffa STKIP PGRI Situbondo
  • ahmad hafas rasyidi STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan rumus analisis variansi garis regresi menghasilkan Ry (1,2) hitung sebesar 0,589. Yang apabila dikonsultasikan dengan r-table dengan N sebanyak 82 responden dan taraf signifikansi 5% diperoleh 0,217 perhitungan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan hipotesa kerja mayor dengan menggukan uji signifikansi. Dari hasil perhitungan analisis variansi garis regresi diperoleh Freg sebesar 20,99. Dan apabila dikonsultasikan dengan F tabel untuk db = 2 dan db = 79 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh 3,1123 Dengan demikian dari hasil perhitungan tersebut menunjukkan Freg lebih besar dari F-tabel. Berdasarkan analisa data dimuka, maka hipotesa kerja mayor yang berbunyi “Ada pengaruh intensitas dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Fathus Salafi Mangaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021” diterima. Selanjutnya dalam efektifitas garis regresi dipreroleh sebesar 34,70 %. Ini berarti sumbangan efektif dari keseluruhan prediktor hasil belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 34,70 % sedangkan prediktor lain yang tidak diteliti memberikan sumbangan sebesar 65,30 %. Sumbangan efektif (SE) prediktor (X1) intensitas belajar terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 20,70 %, Sumbangan Efektif (SE) prediktor (X2) kemandirian belajar terhadap kriterium (Y) hasil belajar siswa 14,01 %, ini menunjukan bahwa intensitas belajar lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibanding kemandirian belajar.

Published
2022-01-05
How to Cite
MUSYAFFA, farid; RASYIDI, ahmad hafas; DASSUCIK, Dassucik. PENGARUH INTENSITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS FATHUS SALAFI MANGARAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 16-27, jan. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1394>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1394.