PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER I SDN 4 BESUKI SITUBONDO

  • Vidya Pratiwi prodi PGSD FKIP UNARS
  • Budi Hartono prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Sifat Benda (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Sifat Benda. Penelitian ini  dilaksanakan di SDN 4 Besuki pada kelas V yang terdiri dari 26 siswa, 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berrdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran eksperimen, melatih siswa terampil dalam memperhatikan eksperimen, melakukan eksperimen atau percobaan, berdiskusi antar sesama teman dan mengemukakan pendapat antar teman dan guru, mempresentasikan hasil eksperimen dan tanya jawab antar siswa dan guru. Penerapan pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa  dalam pembelajaran berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pula. Hal-hal yang mendukung peningkatan aktivitas siswa adalah guru lebih menguasai pembelajaran eksperimen pada materi perubahan sifat benda sehingga dapat menjelaskan, mengarahkan, dan membimbing siswa dengan baik.  Aktivitas belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan 30%, siklus I 77% dan siklus II 85%

References

Depdiknas. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Permana, R. D, A, A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Permainan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV B SD Negeri Mumbulsari 01 Jember. Tahun Pelajaran 2010/2011. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Tahang, L 2012. Hakikat ciri dan Komponen Belajar Mengajar .http://myfortuner.wordpress.com/pendidikan/strategi-pembelajaran-2/ strategi-pembelajaran/strategi-2-3/

Umiyanti. 2012. Macam-macam Metode Pembelajaran [on line]. http://umiyanti28.word press.com/2008/12/20/macam-macam-metode-pembelajaran/.[5 November 2012]
Published
2013-06-28
How to Cite
PRATIWI, Vidya; HARTONO, Budi. PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEMESTER I SDN 4 BESUKI SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 35-51, june 2013. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/131>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles