PENGARUH MODEL NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
Abstract
Numbered Head Togethert (NHT) adalah suatu pendekatan untuk bisa membawa lebih banyaknya peserta didik dalam mempelajari pengetahuan yang terdapat dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman dan kemampuan mereka terhadap isi muatan pembelajaran. Rancangan pada jenis penelitian ini ialah eksperimen semu. penelitian ini dilakukan pada kelas 4 SD pada semester genap tahun 2021/2022. Populasi adalah kelas IV SD Jumlah 29. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik random sampling yang dirandomkan pada penelitian ini yaitu kelasnya. NHT nilai statistik Kolmogorov-Smirnov sebesar 0,168 signifikansi > 0,05 yaitu 0,077 > 0,05, maka datanya berdistribusi normal. Data siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yang melaksanakan model pelajaran konvensional angka statistik Kolmogorov-Smirnov sebesar 0,177 dan menunjukkan nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,060 > 0,05, maka datanya berdistribusi normal. angka statistik Kolmogorov-Smirnov sebesar 0,168 dan menunjukkan nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,077 > 0,05, maka berdistribusi normal. hitungan anava 2 bagian dilakukan dengan program excel tersebut memperlihatkan diantara A FA hitung = 78.06573. Dengan Ftabel dengan α = 0,05 nilai FA hitung > Ftabel, jadi Ho ditolak dan H1 signifikan. Untuk antar B FB hitung = 5.871084. sehingga Ftabel dengan α = 0,05 nilai FB hitung > Ftabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima (signifikan). Uji t-scheffe menghasilkan T Hitung = 14.71204, ternyata lebih besar dari T Tabel = 1.98525 dengan db = 95 pada taraf signifikansi α = 0,05. Jadi melalui hitungan tersebut, jadi Ho ditolak dan H1 dapat diterima.
References
Mardyastuti, A., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. E-Journal, 4(3), 1–9.
Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered-Head-Together ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, IX(1), 14–28.
Prananda, G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2).
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS, 8(2), 304–314.
Sastrawan, W., Prof. Dr. Gede Sedanayasa, M. P., & Drs. lgn. l Wayan Suwatra, M, P. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) DENGAN BANTUAN MEDIA SOFTWARE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III DESA BENGKEL KECAMATAN BUSUNGBIU. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12.
Siregar, F. A. (2012). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 33–38.
Witari, l G. A., Putrini, L. P., & Rati, N. W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. E-Journal, 5(2).
Yanti, K. D., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. E-Journal, 4(1).