PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X SMK KHAMAS ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2020-2021

  • frengki Prayitno IKIP PGRI SITUBONDO
  • Arico Ayani Suparto IKIP PGRI SITUBONDO
  • Rahmat Shofan Razaqi IKIP PGRI SITUBONDO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X SMK Khamas Asembagus Tahun Pelajaran 2020-2021. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Khamas Asembagus. Kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MM sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel atau 3,216 > 1,6753 terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini juga ditunjukkan oleh nilai sig.(2-tailed) = 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar antara yang menggunakan media video dan metode ceramah.

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif ). Bandung: Yrama Widya.
Arief S Sadiman. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafndo.
Pebriani, Corry. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V.” Jurnal Prima Edukasia 5(1): 11–21.
Siyoto, Sandu, and Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2021-09-04
How to Cite
PRAYITNO, frengki; SUPARTO, Arico Ayani; RAZAQI, Rahmat Shofan. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X SMK KHAMAS ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 343-351, sep. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1127>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1127.
Section
Articles