PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 KOTO BARU
Abstract
E-Module adalah modul elektronik yang dapat menambahkan gambar, audio, video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module pembelajaran matematika kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya pemahaman siswa kelas V pada pembelajaran matematika, disebabkan jam di sekolah dibatasi terbilang waktu yang singkat dan siswa yang lambat berpikir ketinggalan pembelajaran. Siswa beranggapan matematika sulit, hal ini membuat hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan penunjang pembelajaran khususnya e-module pembelajaran matematika, siswa belajar di rumah dengan pantauan orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D, dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis kebutuhan, analisis Karakteristik siswa, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu rancangan instrument, rancangan kerangka, rancangan awal, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran ini dilakukan di SD N 14 Koto Baru. Hasil penilaian e-module pembelajaran matematika pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 84%, Termasuk dalam kategori sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92% dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas e-module pembelajaran matematika dengan skor rata-rata 83% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa e-module pembelajaran matematika kelas V SD sangat sesuai dengan ketentuan di Sd N 14 Koto Baru. Penelitian ini menghasilkan e-module pembelajaran matematika kelas V dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.
References
Kenedi, ary kiswanto. (2018). Kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar dalam memecahakan masalah matematik. 5(2), 10.
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabulara PPS UNIMED, 6(1), 87–97.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.











