PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 ALAS TENGAH SITUBONDO

  • Ahmad Zubaidi prodi PGSD FKIP UNARS
  • Reky Lidyawati prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Guru seharusnya lebih kreatif dalam proses pembelajaran dan juga harus mengetahui kekurangan dan kesulitan yang dialami anak didiknya. Sehingga guru dapat mengetahui cara yang tepat digunakan dalam sebuah pembelajaran, baik dari segi sikap guru, metode yang digukan seperti media tiga dimensi yang dapat mempermudah siswa memahami suatu permasalahan dalam pelajaran agar siswa tidak berpikir secara abstrak dan salah.Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi terhadap peningkatan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 1 Alastengah Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013; 2) Untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi pelajaran matematika materi volume kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 1 Alastengah Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berrdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas V yang berjumlah 29 siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah pembelajaran dengan media tiga dimensi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus yaitu siklus I (62%) dan siklus II (83%)

References

Hamzah. 2001. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Pembelajaran Konstruktivisme, (online), (www.depdiknas.go.id)[9 November 2012]

Sudjana, N. (1990). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung Sinar Baru

Nurhaidayati. 2008. “Laporan perbaikan pembelajaran Sains”. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jember: Universitas Terbuka (UPBJJ).

Sukri. 2010. ”Penggunaan media tiga Dimensi Pembelajaran IPA”. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jember: Universitas Terbuka. (UPBJJ)
Published
2013-06-28
How to Cite
ZUBAIDI, Ahmad; LIDYAWATI, Reky. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 1 ALAS TENGAH SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-16, june 2013. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/109>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles