PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PROSHOW GOLD PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran berbasis video Proshow Gold pada siswa kelas 4 di SD Negeri 3 Mangaran kabupaten Situbondo. Subyek penelitian adalah kelas 4 SDN 3 Mangaran yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart, satu siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan proses analisi data penilitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase aktivitas guru, berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada kemampuan kritis di siklus 1 sebesar 63% siswa yang mengalami ketuntasan dalam mengerjakan kuis. Pada tahap siklus 2 sebesar 84% siswa yang mengalami ketuntasan dalam mengerjakan kuis sehingga penelitian dihentikan. Sedangkan hasil belajar pada kegiatan sebelumnya sebesar 44% siswa yang mengalami ketuntasan. Pada siklus 1, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 68% siswa yang mengalami ketuntasan belajar dalam ulangan harian. Dari tahap pra siklus ke siklus terdapat peningkatan. Pada siklus 2, hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 89% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar sehingga penelitian di hentikan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video Proshow Gold dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada siswa kelas 4 SD Negeri 3 Mangaran Kabupaten Situbondo.
References
Filsaime, K. D. (2007). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Harahap, I. 2011. Keaktifan Belajar. Diperoleh tanggal 28 April 2016, dari http://irpan1990.wordpress.com/2011/08/11/keaktifan-belajar/
Harsanto, Radno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitis, Kritis, dan Kreatif. Jakarta: Grasindo.
Mulyana, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pudjiastuti, Ari. 2011. “Permasalahan Penerapan Pembelajaran Tematik di Kelas Awal Sekolah Dasar”. Tidak diterbitkan. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.