PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 5 PANJI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Berpikir kreatif adalah dimana seseorang bisa menciptakan pemikiran atau ide baru tentang sesuatu, dalam hal ini pemikiran atau ide baru dalam menyelesaikan persoalan dalam matematika dengan cara yang lebih sederhana, cepat, dan mudah dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh berpikir kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 5 Panji dengan Jumlah keseluruhan siswa 89 diambil keseluruhan. Proses penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pengumpulan data dengan menggunakan metode angket untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa ada pengaruh yang positif, ditunjukkan dengan harga r hitung (0,296) yang lebih besar dari pada r tabel (0,206) dan dengan harga t hitung (2,887) yang lebih besar dari pada t tabel (1,662). Persamaan garis regresi pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika dapat dinyatakan dengan Y = 73,082a + 0,240b. Persamaan tersebut menunjukan bahwa nilai koefisien X sebesar 0,240. Dari hasil uji hipotesis ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dapat di katakan ada pengaruh antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Besarnya sumbangan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar ditunjukkan dengan analisis regresi sederhana yang ditemukan sumbangan efektif sebesar 14,49% sedang variabel lainnya yang tidak diteliti adalah sebesar 85,51% (100 % – 14,49%).
References
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779- 784
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
Ahmadin, H. A. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Renika Cipta.
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 1–4. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/338549060_Relationship_of_Creative_Thinki ng_with_the_Academic_Achievements_of_Secondary_School_Students
Amirin,Tatang M. 2011. Populasi dan Sampel Penelitian. Tatangmanguny. Wordpress. Com
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas XJ Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2).
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:PT Rineka Cipta,
Ayu, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut, 10(2), 119–124.
Hamalik Oemar. (1992). Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Asara
Hasbullah. 2005. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: UPP AMP YKPN
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Penerbit Pustaka Belajar,Yogyakarta.
Potur, A. A., & Barkul, mr. (2009). Gender and creative thinking in education: A theoretical and experimental overview. A|Z ITU Journal of Faculty of Architecture, 6(2), 44–57.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui ctl. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1), 98–110.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2001. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung:Tarsito
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734
Zahara, H. M., & Budiyono. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,











