ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMIC COVID-19

  • Dina Nur Amala Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fajar Setiawan Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Program Studi PGSD, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini berawal dari munculnya sebuah virus Covid-19 yang menyebabkan pandemi global sehingga mengharuskan pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran online. Dalam pembelajaran online sangatlah berbeda dengan pembelajaran saat disekolah, terutama pada keterampilan sosial pada siswa, siswa cenderung belajar melalui alat komunikasi tanpa bertemu langsung dengan kondisi lingkungan yang nyata, hal itu menyebabkan keterampilan sosial siswa menjadi berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online terhadap keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan lima indikator keterampilan sosial dari Caldarella dan Merrel yaitu hubungan dengan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademis, kepatuhan, dan perilaku assertif. Penelitian kualitatif ini dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Surabaya dengan sumber data primer yang digunakan adalah siswa kelas II C di SD Muhammadiyah 8 Surabaya yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner) melalui google forms pada data yang telah didapatkan selama proses belajar mengajar secara online berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator hubungan dengan teman sebaya sebanyak 45,55%, manajemen diri sebanyak 82,96%, kemampuan akademis 79,62%, kepatuhan sebanyak 81,72%, perilaku assertif sebanyak 55,55%, maka dapat disimpulkan sebanyak 68,96 % siswa sudah memenuhi lima indikator keterampilan sosial siswa saat pembelajaran online.

References

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad
21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.Fitriani, F., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2017, June). Peningkatan keterampilan sosial siswa SD melalui penerapan model make a match berbantuan kartu gambar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Faradita, M. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Di SD Dengan Menggunakan Metode Pq4r. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 7–13.
Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 205-209.
Mania, S. (2017). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran.
Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(2), 220- 233.
Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12.
Minarni, A. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan sosial siswa SMP Negeri di Kota Bandung. Jurnal Paradikma, 6(02), 162-174.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purnama, A. (2017). Optimalisasi Keterampilan Sosial ABK Melalui Metode Bermain Kooperatif Pada Paud Inklusi. Prosiding SNasPPM, 1(1), 39-46.

Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). EdArXiv. DOI: https://doi. org/10.35542/osf. io/h4632.

Setiawan, F. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Interpersonal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JTIEE (Journal Of Teaching In Elementary Education), 1(2), 1-7. doi:10.30587/jtiee.v1i2.267

Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 128-141.
Wahidah, R. (2020). Penilaian Sikap Tanggung Jawab pada Pembelajaran Bahasa Arab
Daring Via Whatsapp di Madrasah Tsanawiyah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 506-519.
Yuliana. (2020, february), Corona Virus diseases, journal vol 2, no 1, p. 187-192. Universitas Lampung diakses melalui (https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026/pdf)

Website:

Kemdikbud. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se- mendikbud- pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat- penyebaran-covid19 , diakses tanggal 25 Oktober 2020.

Mukaromah, vina fadhrotul. (2020). https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/061500965/who-gunakan- istilah-physical- distancing-ini-bedanya-dengan-social , diakses tanggal 10 Oktober 2020
Published
2021-06-30
How to Cite
AMALA, Dina Nur; SETIAWAN, Fajar; FARADITA, Meirza Nanda. ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 258 - 269, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1036>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1036.
Section
Articles