STRATEGI GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 3 TAMBAKMULYO KABUPATEN KEBUMEN

  • Dwiki Ambarwati PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Cicih Wiarsih PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Tambakmulyo, mengatahui kendala dan solusi yang ada dalam penerapan strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 3 Tambakmulyo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru PAI dan guru olaharaga. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi tersrtuktur. Analis data pada penelitian ini menggunakan truangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang digunakan di SD Negeri 3 Tambakmulyo yaitu dengan mengunakan aplikasi seperti whatsapp, zoom, dan youtube, karena adanya kendala maka dilaksanakan beberapa kali pembelajaran berkelompok dan guru kunjung. Kendala yang muncul dalam penerapan pembelajaran daring yaitu jaringan atau sinyal yang kurang stabil, gawai peserta didik kurang mendukung dan tidak semua peserta didik memiliki gawai. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu guru mengganti metode pembelajaran dan membentuk kelompok kecil. Perlu adanya kerja sama antara guru dan orang tua untuk mendampingi proses pembelajaran jarak jauh seperti orang tua ikut memantau kegiatan pembelajaran peserta didik ketika sedang zoom dengan guru, tugas yang diberikan guru melalui aplikasi seperti whatsapp dan Quiziz

References

Arnesi & Hamid. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. 2, (1), 85-99.
Pakpahan & Yuni. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. 4, (2), 30-36.
Puspitorini. (2020). Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah (KJI). 99-106.
Rizqon. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7, (5), 395-402.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Nomor 420/1929 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Sekolah.
Winanto & Darma. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria. 6, (2), 119-138.
Published
2021-06-30
How to Cite
AMBARWATI, Dwiki; WIARSIH, Cicih; IRAWAN, Dedy. STRATEGI GURU DALAM PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 3 TAMBAKMULYO KABUPATEN KEBUMEN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 215 - 224, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1032>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1032.
Section
Articles