PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 1 TANJUNG GLUGUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Titik Atmiyati Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Glugur
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1029

Abstrak

Pembelajaran yang dianut oleh guru didasarkan atas asumsi bahwa pengetahuan dapat dipindahkan secara utuh dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa tanpa memperhatikan bagaimana pengetahuan itu dapat dipahami dengan jelas oleh siswa. Misalnya sering guru kecewa melihat hasil evaluasi/ulangan harian dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang hanya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).


Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data


Hasil penelitian adalah sebagai berikut, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mencapai persentase 63% siklus I meningkat 24% sehingga menjadi 87%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa 69% pada siklus 1 meningkat 25% menjadi 94% pada pokok bahasan Bilangan Cacah dan Lambangnya semester 1 kelas I  Di SD Negeri 1 Tanjung Glugur tahun pelajaran 2018/2019

Referensi

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan dan Mudjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Kurikulum. 2004. Pola Induk Pengembangan Sistem Penilaian. Yogyakarta: Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Mulyasa, Enco. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Nurhadi, dkk.2002 Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nur, Muhammad. 2001. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Makalah disampaikan pada pelatihan TOT guru mata pelajaran SLTP dan MTs dari enam Propinsi pada tanggal 20 Juni s/d 5 Juli 2001 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Wilayah IV. Surabaya: Depdiknas.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Spencer Kagan. 1985. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. Second Edition. Boston: Ally and Bacon

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya.
Widodo, Wahono. 2001. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (CTL). Departemen Pendidikan Nasional.
Diterbitkan
2021-06-30
##submission.howToCite##
ATMIYATI, Titik. PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 1 TANJUNG GLUGUR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 189 - 204, juni 2021. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1029>. Tanggal Akses: 06 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1029.
Bagian
Articles