PENGARUH KONSENTRASI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA SARJI AR RASYID DAWUHAN

  • Dassucik . STKIP PGRI SITUBONDO
  • Jhon Harisantoso STKIP PGRI SITUBONDO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh  konsentrasi dan intensitas belajar terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di MA Sarji Ar Rasyid  Dawuhan Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan adalah rancangan expost facto. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, didapat nilai tingkat koefisien korelasi antara kedua variabel bebas secara serempak dengan kriteriumnya yaitu berdasarkan data diatas dengan ketentuan tingkat kesalahan α = 0,05; di dapat F hitung = 25,06 sedangkan F tabel = 3,130. Ternyata F hitung ≥ F tabel atau 134,894  â‰¥ 3,130 maka ada pengaruh yang signifikan variabel pengaruh  konsentrasi dan intensitas belajar terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Hasil perhitungan korelasi ganda product moment dari Pearson, dan didukung dengan bantuan program SPSS diatas didapat nilai r hitung sebesar 0,894

References

Abdul Majid 2007, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta
Bafadal Ibrahim 2013, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya Jakarta PT. Bumi Aksara
Cholid Narbuko dan Abu Ahmad, 2003, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2011, Psikologi Pendidikan. Jakarta PT. Rineka Cipta
Djamarah Bahri. S, 2012, Strategi Belajar Mengajar Jakarta, PT. Rineka Cipta
Hadi, S, 2011. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset
Hakim, Tharsan, 2011, Belajar Secara Efektif, Jakarta Paspa Swara
Hasbullah, 2011, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, PT, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Mudjiono, Dimiyati, 2009, Belajar dan Pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta
Nasution S, 2014, Teknologi Pendidikan Jakarta, PT. Karya Unipress
Oemar Hamalik, 2012 Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Slameto, 2005, Teknologi Dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Supriono Subakir Ahmad Supari, 2011 Manajemen Berbasis Sekolah IKAPI Cabang Jatim
Syaiful Bahri Djamarah 2009, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta PT. Rineka Cipta
Syaiful Sagala, 2007, Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Bandung, CV. Alfabeta
Yamin Riyanto. 2003. Metodologi Penelitian III. Jakarta PT Bumi Aksara.
Published
2021-06-30
How to Cite
., Dassucik; HARISANTOSO, Jhon. PENGARUH KONSENTRASI DAN INTENSITAS BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA SARJI AR RASYID DAWUHAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 163 - 175, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1027>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1027.
Section
Articles