STRATEGI PEMBELAJARAN EACH ONE TEACH ONE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALIREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstrak
Guru di SD Negeri 1 Kalirejo sudah cukup kreatif dalam melakukan pembelajaran namun, hal ini masih belum cukup untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca teks dan menentukan pikiran utama yang bisa dibaca dengan tepat. Guru merasa kesulitan untuk mengatur suasana kelas yang tidak kondusif dikarenakan pembelajaran dirasa membosankan sehingga peserta didik tidak dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran. Selain itu faktor penunjang. Faktor penunjang antara lain, kurangnya referensi buku mengenai membaca teks dan menentukan pikiran utama yang bisa dibaca dengan tepat. Dari hasil evaluasi Bahasa Indonesia Kelas IV, masih belum tuntas tentang materi membaca teks dan menentukan pikiran utama. Sehingga buku referensi atau referensi lainnya sangat diperlukan agar peserta didik tidak merasa kesulitan dalam pembelajaran membaca teks dan menentukan pikiran utama dengan strategi pembelajaran each one teach one dapat meningkatkan kemampuan membaca teks dan menentukan pikiran utama yang dibaca Kelas IV SD Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2019/2020.
Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTK dengan berkolaborasi dengan guru yang dilakukan 2 siklus. Dalam PTK ada 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan rumusan masalah, hasil penelitian, dan pembahasan, simpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: adanya peningkatan kemampuan membaca teks dan menentukan pikiran utama dengan Strategi pembelajaran each one teach one Kelas IV SD Negeri 1 Kalirejo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakata: PT Bumi Aksara
Chaer, Abdul. 2007. Kajian Bahasa: Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repbulik Indonesia.
Rahayu, Iin. 2012. Kata dan Pembentukan Kata dalam Baasa Indonesia. Iinfitria19.blogspot.com/2012/12/kata-dan-pembentukan-kata-dalambahasa.html Diunduh pada 2 Maret 2015 pukul 12.30
Sugihartono, Ranang Agung, Basendar & Asmoro. 2010. Animasi Kartun dari Analog Sampai Digital. Jakarta: Indeks.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suhandang, Kustadi. 2009. Retorika, Strategi, Teknik, dan Taktik Pidato. Bandung: Nuansa.
Taniredja, Tukiran dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta. 203
Wiryasih. 2011. Menuju Masyarakat Informasi. Yogyakarta: UGM.
Yuniawan, Tommi. 2012. Terampil Retorika Berbicara. Semarang: UNNES PRESS.
Zaman, Saefu. 2011. Definisi dan Unsur-Unsur Kalimat. www.situsbahasa.info/2011/11/definisi-dan-unsur-unsur-kalimat.html Diunduh pada 2 Maret 2015 pukul 12.35
