ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SD NEEGERI 1 KARANGDUREN

  • Nur Fajriyah Febrianti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh di kelas V SD Negeri 1 Karangduren. Jenis penilitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penilitian yaitu guru, siswa kelas 5 dan orang tua siswa dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran jarak jauh berdasarkan kriteria prestasi tinggi sudah cukup baik karena siswa senang belajar, sehingga selalu aktif bertanya kepada orang tuanya jika belum memahami. Minat belajar siswa dengan kriteria prestasi sedang juga sudah cukup baik karena siswa merasa senang adanya pendampingan dari orang tua sehingga siswa menunjukkan keseriusannya dalam belajar. Sedangkan siswa dengan kriteria prestasi kurang, minat belajarnya masih kurang, hal ini disebabkan karena latar belakang orang tua yang bekerja. Proses pada pembelajaran jarak jauh tentunya mengalami hambatan yaitu fasilitas belajar siswa kurang memadai yaitu dengan tidak memiliki handphone pada sebagian siswa. Kemudian pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh guru tidak mengetahui tingkat pemahamn siswa dalam maeri pelajran yang diberikan oleh guru. Selanjutnya hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh adalah kesulitan dalam mengajar dikarenakan kebiasaan guru dalam mengajar pada pembelajaran jarak jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka.

References

Ahmadi, A dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10 (3): 282-289.

Burdiana, G., Krapotkina, I., Nasyrova, L. (2019). Distance Learning in Elementary School Clasrooms: An Emerging Framework for Contemporary Practice. Inter Journal of Instruction. 12 (1): 1-16.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Micxed Yogyakarta: Pustaka belajar.

Darmawan, Deni. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah Bahri Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B dan Astawan Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Iskandar, A.G & Wibowo, C. (2014). Pengaruh Transformasi Sistem E-learning Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Wikrama di Kota Bogor. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 12 (.2):38-39.

Munir, M.IT. (2012). Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikas. Bandung:Alfabeta.

Purwanto, N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rostakarya.

Putri, G & Dewi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Calsroom, 2 (1): 61-79.

Radovan, Marko. 2019. Should I Stay, Or Should I Go? Revisiting Student Retention Models In Distance Education. Journal Of Distance Education. 20 (9): 29-40.

Rahman, F. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science. 2 (2): 81-89.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al-Fatah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.

Simbolon, Naecklan. (2017). Faktor-Faktor Minat Belajar yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal. 1 (2): 14-19.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan. 1 (2): 150-162.

Susilo, Adityo (2020). Coronavirus Disease 2019. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. 7 (1): 45-67.
Published
2021-06-30
How to Cite
FEBRIANTI, Nur Fajriyah; MUSLIM, Aji Heru; MAREZA, Lia. ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SD NEEGERI 1 KARANGDUREN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 128 - 140, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1024>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1024.
Section
Articles