KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nurhidayati . Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
  • Neviyarni Suhaili Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
  • Irda Murni Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Abstract

Latar belakang penulisan artikel ini adalah perlunya informasi mengenai karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang mengkaji sebanyak 24 artikel yang berhubungan dengan karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar yang terdapat pada database google scholar. Hasil pengkajian tersebut dijadikan sebagai referensi untuk menemukan karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar. Hasil pengkajian ditemukan bahwa siswa sekolah dasar berada pada fase meniru dan memahami ucapan orang dewasa. Pada fase ini siswa juga telah memahami konsep cinta baik kepada orang dewasa maupun kepada lawan jenis. Hal ini menuntut guru untuk dapat melakukan dekteksi dini dan penyaringan bahasa agar tidak terjadi penyimpangan bahasa

References

Adriana, I. (2008). Memahami pola perkembangan Bahasa anak dalam konteks pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-10

Apriliyani, N., & Rokhman, F. (2016). Strategi pilihan bahasa pengusaha industri di kecamatan ajibarang kabupaten banyumas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 184-191.

Benyamin, P. I., & Gratia, Y. P. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan. Ecodunamika, 3(1),1-10

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58.

Chamidah, A. N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2), 83-93.

Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Gaya Komunikasi Guru Terhadap Tingkat Keefektifan Proses Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 71-78.

Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1),1-10.

Dinihari, Y., Wiyanti, E., & Nazelliana, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek perilaku manusia sebagai makhluk individu dan sosial pada ruang terbuka publik. Nature: National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85-93.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Julrissani, J. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72-87.

Kapoh, R. J. (2010). Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perolehan Bahasa. Jurnal Interlingua, 4, 87-95.

Krismawati, Y. (2018). Teori psikologi perkembangan erik h. erikson dan manfaatnya bagi tugas pendidikan kristen dewasa ini. KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 2(1), 46-56.

Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47-55.

Mirna, W. (2020). Karakteristik Bahasa Guru Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Di Kelas XII MIPA 2 SMAN 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra, 1(1), 54-67.
Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).

Poernomo, D. I. S. H., & Paskarinda, E. P. (2015). Faktor Kesehatan, Intelegensi, Dan Jenis Kelamin Mempengaruhi Gangguan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. Jurnal Stikes RS Baptis Kediri, 8(1).

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155.

Widianto, E., & Zulaeha, I. (2016). Pilihan bahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa indonesia bagi penutur asing. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 124-135.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, N., & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(1), 9-20.

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan bahasa Indonesia anak usia 3-5 tahun di PAUD Lestari desa Blimbing kecamatan Paciran kabupaten Lamongan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1),1-10

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.
Published
2021-06-30
How to Cite
., Nurhidayati; SUHAILI, Neviyarni; MURNI, Irda. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 118 - 127, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1023>. Date accessed: 29 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1023.
Section
Articles