UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLEPLAY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT BERJAMAAH SMP NEGERI 6 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Bejamaah Menggunakan Metode Role Play pada siswa Kelas VIIB SMP Negeri 6 Situbondo Tahun pelajaran 2018/2019. Masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu: tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Data penelitian yang terkumpul terutama hasil belajar siswa pada materi sholat berjamaah dianalisis menggunakan metode deskriptif prosentase. Indikator kinerja dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai 70 sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh madrasah. Secara klasikal jika siswa mencapai nilai 70 sebanyak 85% dari seluruh siswa yang hadir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi sholat berjamaah. Nilai siswa sebelum tindakan rata-rata kelas 59 dengan prosentase hanya 30% Meningkat pada tindakan siklus 1 rata-rata kelas menjadi 71,5 dengan prosentase ketuntasan 66,6% dari seluruh siswa yang hadir. Pada siklus berikutnya yakni siklus 2 rata-rata kelas menjadi 80,1 Dengan ketuntasan secara klasikal mencapai 93.3%
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode role play pada materi sholat berjamaah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena pembelajaran dengan menggunakan metode ini siswa dapat mempraktikan langsung dan nyata. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi tenaga pengajar khusunya pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode- metode pembelajaran yang aktif, inovatif, krestif dan menyenangkan.
References
Emas.
Asrori, Mohammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana
Prima.
Aziz, Moh Saefulloh. 2005. Pendidikan Agama Islam Islam Lengkap : Pedoman Hukum Ibadat Umat
Islam Dengan Berbagai Permasalahannya. Surabaya : Terbit Terang.
Ash Shiddieqy.2001.Teungku Muhammad Hasbi. Pengantar Hukum Islam.
Situbondo : PT Pustaka Rizki Putra.
Ahadiniyati dalam Metode Role Play, http://blogspot2018.com/ kamis, 24
Februari 2018
Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah kelas VII. Depag Provinsi Jawa Tengah (Situbondo : PT Karya Toha Putra, 2004)
Hamali, Oemar k, 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara http://indoskripsi.blogspot. Minggu, 20 Maret 2018, Jam 17.00 WIB http://indoskripsi.blogspot.// Jum’at, 18 Maret 2018. Jam 20.00 WIB Joesoef, Soelaeman.2002. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah,
(Jakarta:Ciputat Press)
Mazayanah, Ulfatul. Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas I Melalui Metode Demonstrasi
MI Subah Batang Tahun 2009
Poster, Cyril. 2000. Gerakan Menciptakan Sekolah Unggul. Jakarta : Lembaga
Indonesia Addaya.
Rasyid, Harun & Mansur. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : CV Wacana
Prima.
Rasyad, Aminuddin.2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press,
Salasa, A.Ridwan. http://blogspot// Senin, 23 Febrauari 2018.
Sanaky, Hujairah. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press.
Sudrajat. Hasil Belajar SKI melalui Pembelajaran Aktif Role Playing Materi Pokok Dinasti Ayyubiyah pada Siswa kelas IX F MTs Al Ansor Gunung Pati Situbondo Tahun Ajaran 2009/2010.
Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima. Susilana, Rudi. 2008. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan,
Pemanfaatan, dan Penilain. Bandung : CV Wacana Ilmu.
W.J.S. Poerwadarminta.1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai
Pustaka)
Sudjana, Nana.1999. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, (Bandung: PT Rosda
Karya
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. (Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2001).
T. Ibrahim.2008. Penerapan Pendidikan Agama Islam untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. (Solo : PT Tiga Serangkai)
Yamin, Martinis. 1996. Profesionalisme Guru dan Implementaisnya. (Situbondo : PT Karya Toha Putra,)











