UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH DENGAN APLIKASI DISCORD PADA SMP NEGERI SATU ATAP 2 BUNGATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Moch. Erfani SMP Negeri Satu Atap 2 Bungatan

Abstract

Guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Walaupun dengan pembelajaran daring akan memberikan kesempatan lebih luas dalam mengeksplorasi materi yang akan diajarkan, namun guru harus mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah PTS dengan berkolaborasi dengan guru yang ditetapkan 2 siklus. Dalam PTS ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data primer dengan menggunakan tes ulangan dan observasi dengan di checklist, dan data sekunder dengan wawancara. Peneliti menggunakan keharusan nilai sasaran atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) menentukan kriteria sukses untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian pada bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut Penerapan aplikasi discord pada SMP Negeri Satu Atap 2 Bungatan Tahun Pelajaran 2020/2021 sangat efektif. Discord merupakan salah satu aplikasi media sosial yang digunakan para gamers untuk berinteraksi, namun jika diarahkan untuk digunakan dalam pembelajaran ternyata dapat cukup bermanfaat. Melalui penelitian ini dapat diangkat kesimpulan bahwa discord dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran secara optimal dengan syarat yaitu jaringan internet dari pendidik dan peserta didik stabil dan mencukupi. Aplikasi discord ini sangat cocok digunakan untuk presentasi layar seperti yang dapat dilakukan oleh beberapa aplikasi video conferences lainnya seperti google meet dan zoom cloud meeting.

References

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia: Journal of History Education, 2(1), 30-35. doi:http://dx.doi.org/ 10.22236/jhe.v2i1.5502
Bafadal, 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, dan Menulis dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1186-1193.
Daresh, 2009, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta Pusat: PT Ikrar Madiri Abadi.
Dessler, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendekatan Non Sekuler. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Dewantara, J. A., Efriani, & Afandi. (2020). Pemanfaatan aplikasi discord sebagai media pembelajaran online. Jurnal teknologi informasi dan pendidikan, 13(1), 61-65.
Eheren 2006. Pembelajaran Metode Kasus. Yogyakarta: CV Adi Offset.
Gibson, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Glickman, et al; 2007. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta Pusat: PT Ikrar Madiri Abadi
Hani Handoko, 2004. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. BPFE, Yogyakarta
Imron, 2012. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Isjoni, 2004. Manajemen Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media
Kholisho, Y. N., & Marfuatun. (2020). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131- 140.
Kusmianto, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lovell & Wiles, 2008. Developing the Curriculum.(Third Edition). New York. Harper Collins Publishers Inc
Lunenbrug & Beverly, 2006. Curriculum Alternative Approaches, OngoingIssues. USA: Pearson.
Malthis dan Jackson, 2001. Curriculum for a New Millennium. USA: Allyn & Bacon.
Mangkupawira, 2001. Bisnis, Manajemen, dan Sumberdaya Manusia. Bogor: IPB Press,
Mantja, 2002. Panduan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: DIVA Press Mulyasa, 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
90 | J U R N A L I K A V O L 9 N o . 1 J U N I 2 0 2 1
Oliva, 2004, Developing the Curriculum.(Third Edition). New York. Harper Collins Publishers Inc.
Purwanto, 2004. Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta
Raihan, J. P., & Putri, Y. R. (2018). Pola komunikasi group discord PUBG.INDO.FUN melalui aplikasi discord. e-Proceeding of Management, 5(3), 4161-4169.
Sahartian, 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sergiovanni, 2001, Developing the Curriculum.(Third Edition). New York. Harper Collins Publishers Inc.
Soedijarto, 2003. Kebijakan Pembaruan Pendidikan, Konsep, dan Model. Jakarta:Rajawali Pers
Tilaar, 2009: Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Wulanjani, A. N. (2018). DISCORD APPLICATION: Turning a Voice Chat Application for Gamers into a Virtual Listening Class. 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC) Proceedings. 2, hal. 115-119. Semarang: Unimus.
Published
2021-06-30
How to Cite
ERFANI, Moch.. UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENGHADAPI KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH DENGAN APLIKASI DISCORD PADA SMP NEGERI SATU ATAP 2 BUNGATAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 77 - 90, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1020>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1020.
Section
Articles