UPAYA MENGATASI KETERLAMBATAN MASUK KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIODRAMA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • U. Kholiyati SMP Negeri 3 Situbondo

Abstract

Selama ini peneliti sebagai guru BK di SMP Negeri 3 Situbondo  hanya mencatat dan merekap peserta didik yang terlambat datang di sekolah dan memberi layanan konseling individual bagi peserta didik yang tergolong sering terlambat datang di sekolah. Mengingat pentingnya kedisiplinan datang tepat waktu pada kegiatan pembelajaran jam pertama maka perlu adanya kegiatan/tindakan yang mampu menyentuh kesadaran peserta didik untuk mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku disekolah, terutama disiplin datang tepat waktu di sekolah. Peneliti belum memberikan layanan bimbingan kelompok mengingat waktu dan perlunya persiapan yang lebih matang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian PTKBK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan permasalahan pada penelitian ini, maka upaya mengatasi keterlambatan masuk kelas sudah berkurang dari 40% menjadi 30% melalui bimbingan kelompok dengan menggunakan media sosiodrama di SMP Negeri 3 Situbondo.

References

Ahmadi, 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiaher
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI,. Jakarta: PT Rineka Cipta,
Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Untuk Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Corey, G. 1995. Theory and Practice of Group Counseling. Canada :Brooks/Cole.
Cormier, W. H. dan Cormier L. S. 1985. Interviewing Strategies For Helpers Fundamental Skill and Behavioral Interventions. 2 ed. Monterey. California: Publishing Company.
Depdiknas, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: dikmenum. Depdiknas.
Ermananti, 1999. Dasar- Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta
Ervianto, 1998. Repetitive Scheduling Method. Civil and Environmental Engineering Department
Gunarsa, S. D. 1996. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Hallen, 2002. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Pers
Depdiknas, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Depdiknas
Levis dan Atherley, 1996. Delay Construction. Langford.
Marno dan M. Idris, 2008. Strategi & Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
McLeod, J. 2007. Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Prenanda Media Group.
Nana Sukmadinata, 1983. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Depdikans, 2009. Panitia Pelaksana Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.
Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Depdikbud: Rineka Cipta.
Rahardjo, S. dan Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Pendekatan Non Test. Kudus:Nora Enterprise.
Rahman, 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press
Riduwan, 2011. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Penerbit Alfabeta
Romlah, T. 2001. Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sitti Hartinah, 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok, Bandung:P.T Reflika Aditama
Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta
Sukardi, 2008. Penelitian Kualitatif-Naturalistik dalam Pendidikan. Yogyakarta : Usaha Keluarga
Sukmadinata, 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya.
Tatiek Romlah, 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Tohirin, 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Walgito, 2004. Bimbingan dan Penyuluhan Di sekolah. Yogyakarta: Andi Offset
Wibowo, M.E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Wina, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Wingkel, 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Published
2021-06-30
How to Cite
KHOLIYATI, U.. UPAYA MENGATASI KETERLAMBATAN MASUK KELAS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIODRAMA SISWA KELAS VII SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 63 - 76, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1019>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1019.
Section
Articles