MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VIII A SEMESTER 2 SMP NEGERI 6 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Model pembelajaran kooperatif diterapkan untuk menanamkan pemahaman tentang materi kemerdekaan menyampaikan pendapat kepada siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Situbondo. Mengingat pemahaman siswa tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat masih perlu ditingkatkan, hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang masih belum memenuhi ketuntasan minimal yang ditetapkan.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Tahapan tersebut dilakukan berurutan untuk menghasilkan suatu data sebagai bahan refleksi di akhir kegiatan penelitian.
Hasil penelitian membuktikan bahwa tekhnik diskusi dapat meningkatkan hasil belajar pemahaman materi kemerdekaan menyampaikan pendapat pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Situbondo. Nilai rata-rata siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan dibandingkan siklus 1. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 79,11, sedang pada siklus 2 adalah 82,03. Pada siklus 2 ini, nilai terendah adalah 73 dan nilai tertinggi 90. Melihat pencapaian di siklus 2 yang sudah melampaui standar ketuntasan minimal yang ditetapkan 78, maka penelitian ini dihentikan sampai pada siklus 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar kewarganegaraan pokok bahasan Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat siswa kelas VIII-D Semerster 2 SMP Negeri 6 Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018
References
Ibrahim, Muslimin, dkk.2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Nurhadi, 2001. Pendekatan Kontektual. Jakarta : Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Nur, Muhammad,2001. Pengajaran dan pembelajaran Konstektual. Makalah pada Pelatihan TOT Guru Mata Pelajraran SLTP dan MTS Enam Propinsi . Di Surabaya tanggal 20 Juni s/d 6 juli 2001.











