KREATIVITAS GURU SDN 1 PURBALINGGA WETAN DALAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP)
Abstrak
Penelitian kreativitas guru kelas IV B SD Negeri 1 Purbalingga Wetan dalam pembelajaran SBdP dilakukan karena sekolah tersebut menjadi bagian dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dilakukan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dan tantangan yang ia hadapi saat mengimplementasikan kreativitasnya dalam pembelajaran SBdP.Jenis penelitian ini adalahkualitatif denganpartisipan kepala sekolah, guru kelas IV B, dan 4 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara.Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV B merupakan guru kreatif yang mengimpelementasikan kreativitas dalam pemebalajaran SBdP seperti mengekpsos peserta didik dengan cara membantu peserta didik dalam pembelajaran,melibatkan peserta didik dalam segala aktivitas pembelajaran, memberikan motivasi kepada peserta didik dengan cara klasikal di depan kelas ataupun secara personal dengan peserta didik, menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda dalam pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran tidak monton dan membosankan, membuat pembelajaran menjadi menyenangkan,berimprovisasi dalam proses pembelajaran, membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan aplikatif, membuat dan mengembangkan bahan ajar, menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran. Tantangan yang dihadapi guru ketika mengimplementasikan kreativitas dalam pembelajaran yaitu berasal dari faktor internal dan eksttarl, tantangan dari faktor internal yaitu kemampaun guru dan dari faktor eksternal yaitu karaktersitik peserta didik yang berbeda-beda.
Referensi
Amir Alifi, M. (2019).Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP Materi Kolase Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).
Blagoeva, N. V. (2019). Project-based Integration of Contemporary Art Forms Into Teaching Visual Arts to Primary School Students in the After-school Art Clubs. International Journal of Education & the Arts, 20(18).1-23.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fazylova, S., & Rusol, I. (2016).Development of Creativity in Schoolchildren through Art. Czech-Polish Historical & Pedagogical Journal, 8(2).112-123.
Handayani, Puri. (2017). Pengembangan Kreativitas Keberbakatan Di Paud Griya Bermain Pangkalpinang Bangka. AL-ATHFAL: JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 3(1), 83-96.
Hasanuddin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Indayati, Wiwin., Wahyono, Heri. & Witjaksono, Mit. (2016). Rancangan Pengembangan Pembelajaran Prakarya dan KewirausahaanModel Project Based Learning Dengan Media Lesehan.National Conference On Economic Education.
Irawan, D., & Wijayanti, O. (2019, July). Penguatan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi “Kreatifitas Pola Lantai Kelompok Pada Tari Bungong Jeumpaâ€(Studi Pelatihan Pada Guru MI Muhammadiyah Gumiwang. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar NasionaL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 27-35).
Mareza, L. (2017). Pendidikan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Sebagai Strategi Intervensi Umum bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 35-38.
Miranda, D. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prespektif, 1(1), 60-67.
Monawati, Fauzi. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa.Jurnal Pesona Dasar, 6(2).
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.
Peraturan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 6 tahun 2019
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005
Rondhi, Moh. (2017). Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni.Jurnal Imajinasi, 9(1).
Solihah, Riadus. (2019). Agama dan Budaya; Pengaruh Keagamaan Masyarakat Gebang Madura Terhadap Budaya Rokat Tase’.Jurnal Agama, Sosial dan Budaya, 2(1).
Tarjo, Enday. (2004). Strategi Belajar Mengajar Seni Rupa. Bandung: Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.
Wibawa, A. P. (2017). Paradigma Pendidikan Seni di Era Globalisasi Berbasis Wacana. Dharma Smerti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 17(1), 48-56.
Zaudaniar, Z., Bukhari, B., & Yamin, M. Y. M. (2018). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Di Kelas 1 Sd Negeri Neusok Teubalui Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(4).
