PENGORGANISASIAN NANG NING NUNG NENG GUNG PADA GAMELAN JAWA SEBAGAI KAJIAN FILOSOFIS DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Sulistiyani . STKIP Bina Insan Mandiri
  • Fransisca R. Sunarmi STKIP Bina Insan Mandiri
  • Siti Fatimah STKIP Bina Insan Mandiri

Abstract

Keberadaan gamelan di STKIP Bina Insan Mandiri digunakan sebagai simbol hidup bermasyarakat. Dengan memaknai bunyi gamelan sebagai pedoman hidup bebrayan agung dan mengajarkannya dalam Bahasa Inggris dapat memudahkan pelajar dan masyarakat untuk mengetahui cara penulisan dan cara membaca bahasa Inggris dengan baik, serta untuk meningkatkan ketertarikan pelajar dan masyarakat tentang pembelajaran bahasa Inggris dengan berbasis pengorganisasian dalam pemaknaan  filosofis pada gamelan. Tujuan penelitian diantaranya untuk membangun sebuah pembelajaran bahasa Inggris berbasis pengorganisasian pada bunyi yang dihasilkan pada gamelan Jawa dan pemaknaannya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif,  dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri yang berjumlah sebanyak 120 mahasiswa. Penelitian dimulai dari observasi, wawancara dengan ketua, dosen, karyawan/staf dan mahasiswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data.


Hasil penelitian pada studi tersebut yakni, cara implementasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis Kajian Nang Ning Nung Neng Gung dengan pengaplikasian pendekatan tiga pola yaitu pola pembiasaan/pengulangan, pola contoh, dan  pola  implementasi dan pengorganisasian serta pemahaman pada pedoman hidup dalam hidup bebraian agung

References

Arsyad,Hidayat, asep ahmad. (2014) Filsafat bahasa: Mengungkap hakikat bahasa, makna dan tanda. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Brown, Douglas. (2007) Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. United State of America: Pearson.
Majidhali, Imam, dan Ara Hidayat. (2013) The Handbook of Education Management : Teori dan Praktek Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Margana. (2009). Integrating local culture into English Teaching and Learning process.Linguistik dan Sastra, vol 21, no.2.
Mulyasa. (2010) Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Rivai, Veithzal. (2004) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Robbins, Stephen P. (1996) Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. I. Jakarta: PT Prenhallindo.
—. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Dialihbahasakan oleh Hadyana Pujaatmaka. Vol. II. Jakarta: PT Prenhallindo.
Sukmadinata, Sardjiyo dan Pannen, P. (2003) “Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.” Jurnal Pendidikan.
6(2)

Saud, Udin Syaefudin. (2012) Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2012) Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, Oteng. Administrasi Pendidikan : Dasar Teoretis untuk Praktek Profesional. Bandung : Angkasa, 1989.
UPI, Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2013) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-06-30
How to Cite
., Sulistiyani; SUNARMI, Fransisca R.; FATIMAH, Siti. PENGORGANISASIAN NANG NING NUNG NENG GUNG PADA GAMELAN JAWA SEBAGAI KAJIAN FILOSOFIS DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 1 - 8, june 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1012>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v9i1.1012.
Section
Articles