ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG PT. INDOPASIFIK JAYATAMA CABANG SITUBONDO
Abstract
Indopasifik Jayatama Cabang Situbondo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman baik pengiriman dokumen, ataupun pengiriman barang ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia dan luar negeri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mengidentifikasi kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan, menyusun dan mengembangkan strategi yang dapat menjadi pilihan selanjutnya memberikan masukan tentang strategi pengembangan usaha yang tepat bagi PT. Indopasifik khususnya layanan jasa pengiriman yang kompetitif dan inovatif . Metode pengumpulan data dengan cara penelitian lapngan yaitu di lokasi perusahaan PT. Indopasifik Jayatama Cabang Situbondo dan penelitian kepustakaan.Berdasarkan tabel Diagram analisis SWOT pada PT. Indopasific Jayatama Cabang Situbondo, Letak strateginya berada pada kuadran I (satu) yaitu strategi yang menjadi pilihan paling tepat adalah pada strategi “Growth” yang merupakan kombinasi antara Strength dan Opportunity.. Hasil analisis SWOT diketahui jumlah faktor internal sebesar 3,46, angka ini berada pada posisi diatas angka 2,5 yang berarti “posisi internal perusahaan sangat kuat”, dan untuk faktor eksternal sebesar 3,40 yang menandakan bahwa berdasarkan skala kondisi eksternal perusahaan mendekati 4,00 yang artinya “bahwa perusahaan merespons peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman ancaman dipasar industrinya”. Berdasarkan nilai dari tabel IFAS dan tabel EFAS dimana nilai dari tabel IFAS > tabel EFAS (3,46 > 3,40), maka strategi yang perlu diambil adalah dengan melakukan inovasi usaha dengan melakukan peningkatan SDM yang dimiliki, menambah jenis layanan dan memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan berdasarkan opportunity ang ada di pasar saat ini.
References
Amirullah & Haris Budiyono. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu
Amirullah dan Haris Budiyono. 2003. Pengantar Manajemen. Edisi Kedua. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE
Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Boyd, Harper W,dkk, 2000,Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta
Boone, Louis E. Kurtz, Davis L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Salemba Empat, Jakarta
David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia
Fred R. David, 2009, Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta
Gitosudarmo, Indriyo, H, Drs, M. Com, Manajemen Strategis, Yogjakarta: BPFEYogjakarta, 2001.
Gitosudarmo,Indrigo dan Mulyono, Agus, Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta; BPFE, 2001
Harbani, Pasolong.2007.Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.
Hunger, David K. dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat
J. Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo. Jakarta.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, terj : Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly, Edisi 9, Jilid 1 dan 2, PT Prenhalindo, Jakarta.
Lukiastuti Kurniawan, Fitri dan Muliawan Hamdani,, Manajemen Strategik dalam Organisasi, MedPress (Anggota IKAPI), 2008
Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta :PT. Bumi Aksara
Pearce dan Robinson, 2003, Manajemen Strategi, Salemba Empat, Jakarta
Pearce dan Robinson.2008. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat
Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta
Rangkuty, Freddy, 2006, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta
Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar
Salusu, J. (2000), Pengambilan Keputusan Strategik; Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tripomo, Tedjo, 2005. Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Jakarta.