ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG PT. INDOPASIFIK JAYATAMA CABANG SITUBONDO

  • Edy Kusnadi Hamdun
  • Anik Sudarismiati
  • Muhammad Yusuf Ibrahim

Abstract

Indopasifik Jayatama Cabang Situbondo merupakan perusahaan  yang  bergerak  dibidang  jasa  pengiriman  baik  pengiriman dokumen, ataupun pengiriman barang ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia dan luar negeri. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mengidentifikasi  kekuatan  dan  peluang  yang  dimiliki  perusahaan, menyusun dan mengembangkan strategi  yang dapat menjadi pilihan selanjutnya memberikan masukan tentang strategi pengembangan usaha  yang  tepat  bagi  PT. Indopasifik  khususnya  layanan  jasa pengiriman yang kompetitif dan inovatif . Metode pengumpulan data dengan cara penelitian lapngan yaitu di lokasi perusahaan PT. Indopasifik  Jayatama Cabang Situbondo dan penelitian kepustakaan.Berdasarkan tabel Diagram analisis SWOT pada  PT. Indopasific Jayatama Cabang Situbondo, Letak strateginya berada pada kuadran I (satu) yaitu strategi yang menjadi pilihan paling tepat adalah pada strategi “Growth” yang merupakan kombinasi antara Strength dan Opportunity.. Hasil analisis SWOT diketahui jumlah faktor internal sebesar 3,46, angka ini berada pada posisi diatas angka 2,5 yang berarti “posisi internal perusahaan sangat kuat”, dan untuk faktor eksternal sebesar 3,40 yang menandakan  bahwa berdasarkan skala kondisi eksternal perusahaan mendekati 4,00 yang artinya “bahwa perusahaan merespons peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman ancaman dipasar industrinya”. Berdasarkan nilai dari tabel IFAS dan tabel EFAS dimana nilai dari tabel IFAS > tabel EFAS (3,46 > 3,40), maka strategi yang perlu diambil adalah dengan melakukan inovasi usaha dengan melakukan peningkatan SDM yang dimiliki, menambah jenis layanan dan memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan berdasarkan opportunity ang ada di pasar saat ini.

References

Ahmad, Subagio. 2010. Marketing In Business. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Amirullah & Haris Budiyono. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu

Amirullah dan Haris Budiyono. 2003. Pengantar Manajemen. Edisi Kedua. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Boyd, Harper W,dkk, 2000,Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta

Boone, Louis E. Kurtz, Davis L. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Salemba Empat, Jakarta

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia

Fred R. David, 2009, Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta

Gitosudarmo, Indriyo, H, Drs, M. Com, Manajemen Strategis, Yogjakarta: BPFEYogjakarta, 2001.

Gitosudarmo,Indrigo dan Mulyono, Agus, Prinsip Dasar Manajemen. Yogyakarta; BPFE, 2001

Harbani, Pasolong.2007.Kepemimpinan Birokrasi. Bandung : CV.Alfabeta.

Hunger, David K. dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat

J. Salusu. 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Grasindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, terj : Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly, Edisi 9, Jilid 1 dan 2, PT Prenhalindo, Jakarta.

Lukiastuti Kurniawan, Fitri dan Muliawan Hamdani,, Manajemen Strategik dalam Organisasi, MedPress (Anggota IKAPI), 2008

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta :PT. Bumi Aksara

Pearce dan Robinson, 2003, Manajemen Strategi, Salemba Empat, Jakarta

Pearce dan Robinson.2008. Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, 2009, Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta

Rangkuty, Freddy, 2006, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta

Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan, Jakarta: Pustaka Pelajar

Salusu, J. (2000), Pengambilan Keputusan Strategik; Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tripomo, Tedjo, 2005. Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Jakarta.
Published
2018-09-06
How to Cite
HAMDUN, Edy Kusnadi; SUDARISMIATI, Anik; IBRAHIM, Muhammad Yusuf. ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG PT. INDOPASIFIK JAYATAMA CABANG SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 21–40, sep. 2018. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/96>. Date accessed: 07 july 2024.