ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA BAKSO PAK MUL DESA TREBUNGAN KECAMATAN MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO

  • Anik Sudarismiati
  • Edy Kusnadi Hamdun
  • Muhammad Yusuf Ibrahim

Abstract

Bakso Pak Mul Trebungan adalah salah satu usaha dibidang makanan yang menjual hasil olahan daging dalam bentuk bakso atau yang sering disebut sebagai bakso solo. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan teknik pengumpulkan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan analisis SWOT, IFAS dan EFAS, yaitu analisis yang memaksimalkan Strengths dan Opportunity, yang secara bersamaan juga dapat meminimalkan Weaknesses dan  Threats.  Tujuan penulisan hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada Usaha Bakso Pak Mul Trebungan.Berdasarkan diagrama SWOT, hasil penelitian menunjukkan diantara Faktor Internal dan Faktor Eksternal Warung Bakso Pak Mul berada pada kuadran IV, yaitu strategi yang harus ditempuh adalah yang pertama Diversifikasi Konsentrik dengan cara menambah usaha-usaha penunjang yang memiliki kaitan dengan usaha bakso. Skor tertinggi untuk strategi matrik SWOT yang efektif adalah strategi Strength dan Threat (ST) nilainya = 4,00, SO = 3,95, WT = 2,25 dan WO = 2,20. Strategi ST yang perlu diterapkan adalah dengan melakukan langkah diversifikasi, membuka cabang baru, mengoptimalkan pelayanan konsumen dan promosi usaha yang lebih menonjol.


 

References

Ahmad, Subagio. 2010. Marketing In Business. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Amirullah dan Haris Budiyono. 2003. Pengantar Manajemen. Edisi Kedua. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Amirullah & Haris Budiyono. 2004. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Graha Ilmu

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi Revisi). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi universitas Indonesia: Depok-Jawa Barat

Basu Swastha, 2001. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE

Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Boyd, Harper W,dkk,. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta

Boone, Louis E. Kurtz, Davis L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Salemba Empat, Jakarta

David, Fred R. 2004. Manajemen Strategis, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia

Fred R. David, 2009, Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta

Frinces, Heflin, 2011. Be An Entrepreneur, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2018-08-28
How to Cite
SUDARISMIATI, Anik; HAMDUN, Edy Kusnadi; IBRAHIM, Muhammad Yusuf. ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA BAKSO PAK MUL DESA TREBUNGAN KECAMATAN MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 1 – 20, aug. 2018. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/95>. Date accessed: 26 nov. 2024.