PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH WISATA PANTAI PATHE’ SEABAGAI OBJEK WISATA ANDALAN DI KABUPATEN SITUBONDO

  • Nanik Hariyana

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi berdampak pada tersedianya lapangan pekerjaan baru, menurunnya tingkat pengangguran, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi tingkat kemiskinan. pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III tahun 2016 sebesar 5,02%, pada triwulan III tahun 2015 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,19% berarti ada penurunan sebesar 0,17%, (BPS:2016). Rendahnya  pertumbuhan ekonomi pada triwulan III tahun 2016 terutama disebabkan oleh relatif terbatasnya pertumbuhan konsumsi pemerintah. Pelemahan konsumsi pemerintah dipengaruhi oleh kebijakan penghematan belanja pemerintah. Di sisi investasi, masih minimnya peran investor swasta berdampak pada pertumbuhan investasi yang melambat di tengah berlanjutnya pembangunan proyek infrastruktur oleh pemerintah.


Peran penting sektor pariwisata terhadap munculnya wirausahawan baru yang semakin kreatif dan inovatif  dalam menciptakan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) baik secara kuantitas dan kualitas harus diberikan akses permodalan dan pemasaran yang memadai. Semakin banyak jumlah wisatawan yang berkunjung maka semakin besar peluang memasarkan produk. Oleh karena itu perlu di dukung oleh tersedianya sumber daya manusia yang siap dan bisa dihandalkan dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan kewirausahaan. Pengembangan sektor pariwisata perlu dukungan pemerintah, masyarakat dan investor serta konsep pengelolaan pariwisata yang berkesinambungan dan terintegrasi dengan berbagai obyek wisata lainnya di Nusantara.


 

References

Siregar, Shinta M. 2009. Pantai Wisata. Tesis diterbitkan. Medan : Universitas Sumatera Utara

Cousins, M. 1994. The Ugly. AA files, Auntumn(28), pp. 61-64.

Mediastika, C. E. 2008. Pantai dan wisata alam. Dimensi Teknik Arsitektur XXXVI (1): 20-27

Betsky, A. & Adigard, E. (2000). Architecture Must Burn. London: Thames & Hudson. Architecture and Anthropology. (2006). Architectural Design Magazine.

Academy Group. Covering and Exposing: The Architecture of Coop Himmelb(l)au.

Noerwastiko, V. T. 2001. Pantai dan wisata alam XXIX (2): 134-140 Mangunwijaya, Y. B. (1995). Wastu Citra: Pengantar ke Ilmu Budaya Bentuk Arsitektur, Sendi-sendi Filsafatnya beserta Contoh contoh Praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2018-08-28
How to Cite
HARIYANA, Nanik. PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH WISATA PANTAI PATHE’ SEABAGAI OBJEK WISATA ANDALAN DI KABUPATEN SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 95-102, aug. 2018. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/94>. Date accessed: 30 june 2024.