PENGARUH STRATEGI DIVERSIFIKASI DAN DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KEDAI PISSBROO DI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Koperasi Wanita “Amirah Mandiri” Kabupaten Situbondo tahun 2011-2015 melalui analisa rasio likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode analisa yang digunakan adalah rasio keuangan. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan Tahun 2011-2015, dapat diambil kesimpulan current ratio tergolong sehat dimana rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 1.650,54%. Secara quick ratio tergolong sehat, dimana rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 1.649,49%. Total Asset to Debt Ratio tergolong sehat, dengan ditunjukkan rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 6,33%. Total Equity to Debt Ratio tergolong sehat, dengan rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 6,81%. Operating income tergolong sehat, sedangkan rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 45,08%. Return on asset ratio tergolong kurang sehat pada tahun 2011 dan 2013, sehat pada tahun 2012, tahun 2014 dan 2015 cukup sehat. Tahun 2011-2015 menunjukkan angka rasio sebesar 5,05%, 10,49%, 5,34%, 8,09% dan 8,99%. Sedangkan rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 7,59%. Return on equity ratio tergolong tidak sehat pada tahun 2011, 2013 dan 2014, kurang sehat pada tahun 2012 dan 2015. Tahun 2011-2015 menunjukkan angka rasio sebesar 5,52%, 11,54%, 5,56%, 8,48% dan 9,41%. Sedangkan rata-rata rasio selama 5 tahun terakhir sebesar 8,12%.