PENGARUH PELAYANAN KK, KTP DAN AKTA KELAHIRAN TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO.

  • Mohammad Yahya Arief Fakultas Ekonomi, Universitas Abdurachman Saleh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan tentang bagaimanakah Pengaruh Pelayanan KK, KTP Dan Akta Kelahiran Terhadap Efektifitas Pelayanan Publik Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo dan faktor – faktor yang mempengaruhi terhadap efektifitas pelayanan KK, KTP, Akta Kelahiran di Kecamatan Jangkar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang memberikan gambaran mengenai Pengaruh Pelayanan KK, KTP Dan Akta Kelahiran Terhadap Efektifitas Pelayanan Publik Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obesrvasi, interview atau wawancara, dan media kuesioner dengan memilih informan yang berperan dan terlibat secara teknis maupun fungsional dalam pemberian pelayanan terhadap masyarakat. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif.  Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa secara parsial faktor yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah lingkungan kerja karena memiliki nilai signifikansi paling kecil yakni 0,000 disamping itu memiliki nilai thitung paling besar dibanding variabel lainnya yakni sebesar 10,782. Sehingga hipotesis diterima karena mengatakan bahwa variabel lingkungan kerja yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Sedangkan secara simultan dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai dengan melihat  tingkat signifikansi lebih kecil yakni 0,000 dari standar signifikan yakni 5% atau 0,05 dan perbandingan antara Ftabel dan Fhitung dimana Fhitung sebesar 285,478 lebih besar dari Ftabel yakni 3,39. 

References

Moelyono.2002. Kamus Besar Indonesia. PT Gramedia. Jakarta.

Moenir H.A.S. 2001. Manajemen Pelayanan Umum. Bumi Aksara. Jakarta.

Mitrani, Alain. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan kompoetensi. Jakarta. Grafiti.

Osborn, David dan Geabler, Ted. 2003. Reinventing Government : how Entrepreneurial sprit is Transforming the Public sector. New York Plume Book.

Sinambela, Poltak Lijan dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Syafie, Kencana Inu. 2001. Pengantar Ilmu Pemerintahan. Bandung: Reflika Aditama.

Sianipar J.P. 1999. Perencanaan Peningkatan Kerja. LAN RI.

Sampara, Lukman, Sutopo. 2003. Pelayanan Prima Lembaga Administrasi Negara RI. jakarta.

Sampara, Lukman, Sugianto. 2001. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. LAN RI. Jakarta.

Soekanto Soejono. 2000. Penilaian Organisasi Pelayanan Publik. Jakarta.

Siagian, P.Sondang. (2005). Manajmen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.Jakarta.

Bambang Prasetyo (2010), Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Keputusan Mendagri No. 100/57 Tahun 2002. Diatur lebih lanjut di dalam PP No. 65 tahun 2005 tentang Ketentuan Standart Pelayannan minimal (SPM).

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 225 tahun 2004 tentang pedoman umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum penyelenggarakan Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomer 25 tahun 2004 tentang Pelayanan Publik.
Published
2017-11-07
How to Cite
ARIEF, Mohammad Yahya. PENGARUH PELAYANAN KK, KTP DAN AKTA KELAHIRAN TERHADAP EFEKTIFITAS PELAYANAN PUBLIK KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO.. Growth, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 30-46, nov. 2017. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/85>. Date accessed: 07 july 2024.