PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA APOTEK ANGGREK DI KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
Apotek Anggrek Situbondo merupakan salah satu Apotek yang sangat berkualitas yang ada di Situbondo, selain kualitas produk obatnya yang ada diapotek ini, loyalitas dan kualitas pelayanannya juga perlu diperhatikan agar semakin berkualitas. Permasalahan yang diteliti adalah, pertama apakah variabel loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap volume penjualan . Kedua, apakah loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan secara parsial (sendiri-sendiri) berpengaruh terhadap volume penjualan Ketiga, diantara kedua variabel tersebut, variabel apakah yang paling berpengaruh paling dominan tehadap kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan dokumentasi serta penyebaran kuisioner kepada para pelanggan Apotek Anggrek Situbondo. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi linier Berganda, Uji F (F-Test) serta Uji t (t-Test). Penelitian ini terbagi kedalam dua variabel bebas dan satu variabel terikat.Variabel bebas adalah loyalitas pelanggan (X1) kualitas pelayanan (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah Volume penjualan (Y).
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat diambil kesimpulan yaitu pertama, secara simultan (bersama-sama) variabel loyalitas pelanggan dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 54,69 kedua, secara parsial kelima varibel berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien masing masing variabel loyalitas pelanggan (X1) 2,451dan variabel kualitas pelayanan (X2) 8,706 serta kualitas pelayanan yang berpengaruh paling signifikan yaitu sebesar 8,706 dan selain itu diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu : Y = 1,195 + 0,308X1 + 0,641X2 + 0,111X3 – 0,062X4 + 0,038X5