PENGARUH MANAJEMEN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • Vindy Abdatul ‘Asyiiroh Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Tatik Amani Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Mutimmah Rustianawati Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari manajemen laba, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftardi Bursa Efek Indonesia. Jenis atau metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan menggunakan variabel bebas yaitu manajemen laba, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan. Variabel terikatnya ialah pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan fokus penelitian pada Laporan Tahunan perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Sampel dalam penelitian ini ialah 10 perusahaan makanan dan minuman. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh secara parsial  manajemen laba tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan ukuran perusahaan dan kinerja lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR. Secara simultan manajemen laba, ukuran perusahaan, dan kinerja lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR. Sedangkan yang mempunyai pengaruh secara dominan terhadap pengungkapan CSR adalah kinerja lingkungan.

Published
2023-11-10
How to Cite
‘ASYIIROH, Vindy Abdatul; AMANI, Tatik; RUSTIANAWATI, Mutimmah. PENGARUH MANAJEMEN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Growth, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 376-390, nov. 2023. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/3704>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i2.3704.
Section
Articles