PELNGARUH PROGRAM KELSELLAMATAN DAN KELSELHATAN KELRJA (K3), LINGKUNGAN KELRJA SELRTA KOMITMELN ORGANISASIONAL TELRHADAP KINELRJA PELGAWAI CV. SIDO GANGSAR

  • Risma Dwi Novitasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaidah Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wenny Murtaliningtyas Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

 Perusahaan diciptakan untuk bertahan, berkembang dan menghasilkan laba. Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak perusahaan perlu mengoptimalkan faktor-faktor yang ada dalam kelgiatan produksinya, seperti sumber daya manusia, sumber daya alam dan modal serta faktor produksi lainnya. Faktor sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika berusaha bersaing dengan perusahaan lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), lingkungan kerja serta komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai CV. Sido Gangsar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel  penelitian ini adalah 36 orang yang sesuai dengan populasi pegawai lapangan CV. Sido Gangsar. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kesehatan Kerja (K3), lingkungan kerja serta komitmen organisasional berpengaruh telrhadap kinerja pegawai sebesar 65,7%. Hasil uji t menunjukkan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai CV. Sido Gangsar. Lingkungan kerja dan komitmen organisasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai CV. Sido Gangsar.

Published
2023-08-29
How to Cite
NOVITASARI, Risma Dwi; NURSAIDAH, Nursaidah; MURTALININGTYAS, Wenny. PELNGARUH PROGRAM KELSELLAMATAN DAN KELSELHATAN KELRJA (K3), LINGKUNGAN KELRJA SELRTA KOMITMELN ORGANISASIONAL TELRHADAP KINELRJA PELGAWAI CV. SIDO GANGSAR. Growth, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 314-328, aug. 2023. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/3468>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i2.3468.
Section
Articles