PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PETERNAK AYAM POTONG PT.MITRA GEMUK BERSAMA (MGB) DI KABUPATEN JEMBER

  • Luckman Ashary

Abstract

PT.Mitra Gemuk Bersama (MGB) merupakan salah satu perusahaan peternakan ayam potong yang melakukan kerjasama dengan peternakan ayam potong yang ada di Kabupaten Jember melalui pola kemitraan inti-plasma. Tujuan pola kemitraan ini adalah meningkatkan pendapatan dan peningkatan skala usaha baik dari pihak perusahaan maupun peternak. Praktik-praktik manajemen sumber daya manusia yang diperkirakan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah kompensasi, motivasi, loyalitas karyawan, kinerja karyawan dan produktivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi, motivasi, loyalitas karyawan, kinerja terhadap produktivitas karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung pada peternakan ayam potong dengan kemitraan PT.MGB di Kabupaten Jember. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dengan penyebaran kuisioner penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian penjelasan (explanatory research) atau penelitian kausal (causal research). Model analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis AMOS 16.1.

References

Ardana, Mujiati, dan Utama, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Cetakan Pertama, Graha Ilmu. As’ad, M, 1991, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia : Psikologi Industri, Edisi IV, Yogyakarta : Liberty

Dessler, Gary, 2003, Human Resource Management, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

George, Jennifer, M, dan Jones, Gareth,R, 2002, Organizational Behavior, Third Edition, Pearson Education, Inc, Upper Saddle River, New Jersey.

Gibson, James L, Ivancevich, John M, dan Donelly, James H, 1992, Organisasi : Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid I, Edisi V alih Bahasa : Djarkasin, Jakarta, Erlangga.

Hasibuan, Melayu, SP, 1997, Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktifitas, Cetakan Pertama, Jakarta : Bumi Aksara.

---------, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

---------, 2011, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Cetakan ke 9, Jakarta: Bumi Aksara.

Koestartini, 1997, Manajemen Personalia, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Komaruddin. 1992. Manajemen Pengawasan Kualitas Terpadu suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.

Kusriyanto. 1993. Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Jakarta. PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Schuller, R.S., dan S.E. Jackson. 1988. “Customerizing the Human Resources Department”. Personnel. June: 36-44.

Syarif. 1991. Produktivitas. Jakarta: Depdikbud.

Woekirno Sumardi. 1979. Faktor-Faktor Produktivitas Karyawan. Jakarta: Gramedia.
Published
2019-04-02
How to Cite
ASHARY, Luckman. PENGARUH PRAKTIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PETERNAK AYAM POTONG PT.MITRA GEMUK BERSAMA (MGB) DI KABUPATEN JEMBER. Growth, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 72-82, apr. 2019. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/293>. Date accessed: 07 july 2024.