PENGARUH KEPUTUSAN NASABAH DALAM PENGAMBILAN KREDIT PADA BANK KREDIT DESA KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada Bank Kredit Desa (BKD) Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di BKD Kabupaten Jember dengan jumlah responden sebanyak 64 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuesioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 faktor yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil kredit pada Bank Kredit Desa (BKD) Kabupaten Jember, yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor psikologis, dan faktor pribadi. Besarnya variance explained masing-masing faktor tesebut secara berturut-turut, yaitu kebudayaan sebesar 53,646%, sosial sebesar 22,980%, psikologis sebesar 14,639%, dan pribadi sebesar 8,735%. Faktor kebudayaan menjadi faktor paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi yaitu sebesar 53,646%.
References
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Terjemahan Benyamin Molan. N n Marketing Management. 2003. Klaten: Intan Sejati.
Saladin Djaslim, 1994, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta : CV Rajawali.
Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku konsumen Pemahaman Dasar dan Aplikasi dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: University Press.
Tjiptono, Fandy. 1996. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Yogyakarta.