PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI FATIMAH BAKERY DI SITUBONDO

  • Edy Kusnadi Hamdun
  • Denok Ariestya Romadhani

Abstract

Berdasarkan  analisis  yang  telah  dilakukan  dapat  diperoleh  hasil  sebagai  berikut  yaitu,  hasil  persamaan regresi linier berganda Y =-1,184E-16 + 0,153X1 +  ,157X2+ 0,618X3. Secara parsial (Uji t), Produk (X1) ini berpengaruh positif terhadap  Kepuasan Konsumen (Y) karena hasil thit ung   sebesar   2,091 dan signifikan karena thit ung   2,091  >  tt abel   1,985  dan  nilai  signifikansinya  0,039  <  0,05.  Harga  (X2)  berpengaruh  positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y) karena hasil thit ung  sebesar 2,051 dan signifikan karena thit ung  2,051 > tt abel  1,985 dan nilai  signifikansinya   0,043   <   0,05.   Promosi  (X3)   secara  parsial  berpengaruh  positif  terhadap   Kepuasan Konsumen  (Y)  karena  hasil  thit ung   sebesar  8,120  dan  signifikan  karena  thit ung   8,120  >  tt abel   1,985  dan  nilai signifikansinya  0,000  <  0,05.  Dari hasil uji simultan  (Uji F),  diketahui bahwa  Produk  (X1),Harga  (X2),  dan Promosi  (X3)  secara  simultan  berpengaruh  positif secara  simultan  terhadap  Kepuasan  Konsumen  (Y)  karena nilai dari Fhit ung  sebesar 59,332 dan signifikan karena Fhit ung     59,332 > Ft abel  2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.  Sedangkan,  faktor  yang  paling  dominan  berpengaruh  terhadap  variabel Kepuasan Konsumen (Y) adalah variabel  Promosi  (X3).  Hal  ini  disebabkan  karena  variabel  Produk  (X1)  memiliki nilai thit ung   sebesar  2,091, variabel Harga    (X2)  yang  memiliki nilai thit ung   sebesar  2,051  dan variabel Promosi (X3)  memiliki nilai thit ung sebesar

References

A, Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta.

Alma, Buchari, 2002, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfa Beta

Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta, Bandung.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander

Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Anggar, Krisnasakti. 2014. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda ( Studi
Kasus pada Konsumen di Kota Semarang )”. Semarang

Ardiyansyah, Arie. 2014. “Analisis Pengaruh Faktor Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Pak Bendot Di Kecamatan Prajekan”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurachman Saleh

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prak tek. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta : Rineka Cipta.
\
Basu Swastha, T. Hani Handoko, 2001. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi2, Liberty. Yogyakarta.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Darmawan & Ferrinadewi. 2004. Perilaku Konsumen : Analisis Model Keputusan. Penerbitan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta

Djaali, 2008. Skala likert. Jakarta: PustakaUtama. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kismono, Gugup. 2001. Bisnis Pengantar. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Kotler dan Amstrong. 2004. Prinsip-Prinsip Marketing. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan A.B. Susanto, 2000, Manajemen Pemasaran Indonesia, Alih Bahasa oleh Ancella Anitawati dan Hermawan, Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran 1, Edisi Milenium, Penerbit PT Prenhallindo.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh dkk, Edisi Milenium, Jakarta : PT Prenhallindo

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. International Edition.Prentice Hall. New Jerse

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi VI. Jilid I. Penerjemah; Jaka Wasana. Jakarta; Erlangga Indeks.

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran.edisi 12. Jilid 1.Jakarta :Pt.Indeks

Kotler, Philip.,dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. & Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler,Philip., dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip., and Gary Amstrong. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Global Edition : Pearson Edition.

Kuswadi. 2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Lamb, Charles. W. et.al. 2001. Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Lembang, RD. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam
Kemasan Merek Teh Botol Sosro”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Novandri, made. 2010, pengaruh kualitas produk, harga dan iklan terhadap keputusan pembelian: management analysis. Journal of diponegoro university, C2A604072

Priyatno, Dwi. (2009). Mandiri Belajar SPSS. Jakarta- Jagakarsa. PT. Buku Kita.

Rangkuti, Freddy, 2003. Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi IBII

Rangkuti, Freddy, 2004. Manajemen Persediaan. Edisi 2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rezki, Rahmad. 2014. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada CV. Sinar Jaya Global Steel Padang”. Penerbit Universitas Taman siswa Padang. Padang

Sudjana. 2005. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung. PT Tarsita. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung:Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinsasi. Bandung : Alfabeta

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Supranto, 2008. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sutrisno Hadi. 2001. Metodologi Research untuk Penulisan Paper, Skripsi, Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Swastha D, Basu dan Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Swastha D, Basu. 2010. Manajemen Penjualan .Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono Fandy, & Gregorius Chandra 2006, Manajemen Pelayanan Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: A

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Akuntansi

Terapan, Jakarta : Ghalia Indonesia, Cetakan Pertama.

Widyaningtyas Sistaningrum, 2002, Manajemen Penjualan Produk,. Yogyakarta : PT.Taristo.
Published
2019-01-04
How to Cite
HAMDUN, Edy Kusnadi; ROMADHANI, Denok Ariestya. PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI FATIMAH BAKERY DI SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 31-48, jan. 2019. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/177>. Date accessed: 26 nov. 2024.