ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN UNTUK MENENTUKAN RENCANA PRODUKSI PADA UD RIFA’I

  • Anik Sudarismiati
  • Mery Tridiah Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ramalan penjualan tahun 2016 berdesarkan penjualan tahun 2011– 2015 dan Untuk mengetahui rencana produksi berdasarkan ramalan penjualan tahun 2016.  Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, manajemen perusahaan membuat peramalan permintaan produk. Peramalan permintaan ini merupakan peramalan tentang jumlah produk yang akan di pesan atau diminta pada periode yang akan datang. Dengan adanya peramalan, maka perusahaan dapat mencapai tujuan serta pengambilan keputusan dalam produksinya, namun dalam kegiatan peramalan memerlukan penerapan metode-metode, hal ini bertujuan agar dapat mengetahui permintaan yang akan datang dan meminimumkan kesalahan peramalan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut: Ramalan penjualan alat-alat dapur dandang, oven, panci tahun 2016 melalui analisis trend penjualan dengan menggunakan metode Least Square menghasilkan jumlah alat-alat dapur dandang, oven, panci sebesar 965 dandang, oven sebesar 625, panci sebesar 620. Dengan melakukan rata-rata perputaran persediaan 2011-2015 maka dihasilkan perputaran persediaan tahun 2016, Dandang 31, oven 16, panci 17. Kemudian mencari rata-rata persediaan  dari 2011-2015, setelah mengetahui rata-rata persediaan 2011-2015 lalu memperhitungkan rata-rata 2016 dari perputaran persediaan 2016, sehingga rata-rata persediaan 2016 adalah dandang 28, oven 24, dan panci 33. Maka didapatkan persediaan akhir alat-alat dapur seperti dandang, oven, panci sebesar 964, oven sebesar 631, panci sebesar 615. Hasil peramalan penjualan alat-alat dapur seperti dandang, oven, panci dapat digunakan sebagai gambaran untuk melihat kemungkinan yang terjadi di masa depan.

References

Aditya Khusharyanto. 2011. Analisis Peramalan Penjualan Buku Pelajaran Jenis Lks Pada CV. Harapan Baru Karanganyar

Bambang Karyadi, 2000. Anggaran Produksi. Jakarta: PT. Salemba Empat

Bambang Riyanto, 2004. Anggaran Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka

Dul Muid, S.E., M.Si., Akt. 2012. Analisis Perbandingan Metode Peramalan Penjualan Bahan Bakar Minyak Dengan Standar Kesalahan Peramalan (Skp) Pada PT Pertamina (Persero) Region IV Jateng dan DIY

Dianna Anggraini, 2004. Analisis Perbandingan Metode Anggaran Penjualan Spare Parts Dengan Standar Kesalahan Peramalan (SKP) Pada PT. New Ratna Motor Semarang.

Ellen Christina, 2001. Anggaran Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Evi Mundiastuti, 2011. Evaluasi Perbandingan Peramalan Pelumas Dengan Menggunakan Standar Kesalahan Peramalan (SKP) Pada PT. Pertamina (Persero) Sales Region IV Pelumas Jateng & DIY.

Gaspersz, 2005. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Gunawan Adisaputro dan Asri Marwan, 2003. Anggaran Produksi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

I Made Adnyana. 2010. Analisis Anggaran Komprehensif Pada Perusahaan Manufaktur

Indra Wibowo. 2010. Analisis Peramalan Penjualan Rokok Golden Pada PT.Djitoe Indonesian Tobacco Coy Surakarta.

Indrazakti, 2011. Peramalan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Kointegrasi Pada Safe 1 dan Cypergard (500ml dan 100ml) di PT. Chemigard.

Ishak, 2010. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing,

Khaerunnisah, 2008. Analisis Peramalan Penjualan untuk Perencanaan Pengendalian Persediaan Kecap Manis Sate PT. Korma Jaya Utama (KJU).

Laduni, 2008. Uji Metode Peramalan Produksi di Usaha Dagang Safari Donat.

Nafarin, 2004. Manajemen Pemasaran, Dasar, konsep, dan Strategi. Jilid pertama, cetakan ketiga Jakarta: PT. Renika Cipta.

Nasution, 2003. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality management). (Jakarta: Ghalia Indonesia).

Ni Putu Lisna Padma Yanti. 2016. Analisis Peramalan Penjualan Produk Kecap Pada Perusahaan Kecap Manalagi Denpasar Bali.

Render dan Heizer, 2005. Manajemen Operasi.(Operations Management: Ratna Juwita). Jakarta: Salemba Empat.

Sofyan Assauri, 2001. Manajemen Pemasaran, Dasar, konsep, dan Strategi. Jilid pertama, cetakan ketiga Jakarta: PT. Renika Cipta.

Subagyo, 2002. Manajemen Operasi. BPFE-Yogyakarta.

Sumayang, 2003. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. (Jakarta: PT. Salemba Empat)

Taylor, 2004. Total Quality Management. (Yogyakarta: Andi Offset)

Yamit, 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia. Yogyakarta
Published
2019-01-04
How to Cite
SUDARISMIATI, Anik; SARI, Mery Tridiah. ANALISIS PERAMALAN PENJUALAN UNTUK MENENTUKAN RENCANA PRODUKSI PADA UD RIFA’I. Growth, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 17-30, jan. 2019. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/176>. Date accessed: 26 nov. 2024.