PENGARUH PERKEMBANGAN JUMLAH PELANGGAN KARTU HALO MELALUI PROGRAM KARTU HALO HYBRID TERHADAP TINGKAT PEMAKAIAN PULSA RATA-RATA PELANGGAN KARTU HALO (STUDI KASUS DI GRAPARI JEMBER)
Abstract
HALO hybrid merupakan inovasi terbaru yang menandai hadirnya kartu pascabayar selular pertama di Indonesia yang menyajikan 2 layanan kartu selular (pascabayar dan prabayar) sekaligus dalam satu nomor. HALO hybrid juga dilengkapi gratis 100 SMS perbulan untuk komunikasi sesama Telkomsel, layanan 3G, dan bebas abonemen. HALO hybrid menghadirkan solusi bagi pelanggan yang menginginkan adanya kontrol terhadap anggaran komunikasinya, karena penggunaan pascabayarnya dibatasi limit yang telah dipilih dan penggunaan prabayarnya melalui ketersediaan pulsa.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Untuk Mengetahui pengaruh perkembangan jumlah pelanggan melalui suatu strategi pengembangan pasar terhadap tingkat pemakaian produk HALO Hybrid (Prabayar dan Pascabayar). 2. Mengetahui pengaruh perkembangan jumlah pelanggan melalui suatu strategi pengembangan pasar terhadap tingkat pemakaian pulsa rata-rata pelanggan kartu halo. Hasil yang diperoleh:1. Program HALOhybrid yang diluncurkan PT. Telekomunikasi Selular memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi dalam meningkatkan penjualan (sales) kartuHALO di wilayah Jember. 2. Program HALOhybrid tidak efektif dalam menekan jumlah penutupan nomor kartuHALO. 3. Program HALOhybrid Telkomsel sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan (customer base) kartuHALO. 4. Program HALOhybrid Telkomsel sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan (customer base) kartuHALO. 5. Hasil analisis korelasi antara perkembangan jumlah pelanggan kartuHALO Telkomsel dengan tingkat pemakaian pulsa rata-rata pelanggan diperoleh angka koefisien korelasi -0,418 yang berarti terdapat pengaruh yang bersifat tidak searah dan berada pada tingkat hubungan yang sedang. 6. Akibat dari bertambah banyaknya prosentase pelanggan kartuHALO yang memiliki anggaran terbatas dalam berkomunikasi, maka tingkat pemakaian pulsa rata-rata pelanggan akan mengalami penurunan karena mayoritas pelanggan tersebut cenderung menggunakan SMS dalam berkomunikasi agar lebih murah.
References
Boyd, Harper W, Walker, Orville C, Larreche, Jean-Claude. 2002. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Penerbit Erlangga, Jakarta.
CM Lingga Purnama. 2002. Strategic Marketing Plan, Cetakan kedua, Penerbit PT. Gramedia Pusataka Utama, Jakarta.
Craven, David W. 2004. Strategic Marketing, Richard D. Irwin Inc, Burr Ridge Illinois.
Dajan Anto. 2004. Pengantar Metode Statistik, Jilid I, Cetakan kesepuluh, Penerbit LP3ES, Jakarta.
Danodar N Gujarati. 2010. Dasar-dasar Ekonomitrika, Penerbit Salemba 4, Jakarta.
Erwanto. 2007. Pengaruh Jumlah Pembeli melalui Pekan Promosi pada Indomaret di Kab. Jember, (studi kasus 10 Indomaret di Kab. Jember). UNMU Jember.
Griffin, Ricky W, Ebert, Ronald J. 2002. Bisnis, Edisi keempat, Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.
Hermawan Kartajaya, Yuswohady, Dewi Madyani, Bembi Dwi Indrio. 2003. Marketing in Venus, Cetakan kedua, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Hermawan Kartajaya, Michael Hermawan, Yuswohady, Taufik. 2003. MarkPlus on Strategy, Cetakan ketiga, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kidder, Louise. 2003. Research Methods Instrument Social Relation, Holt Rinehart and Winston.
Kleinsteuber, F, Siswanto Sutojo. 2002. Strategi Manajemen Pemasaran, Seri Manajemen no. 6, Penerbit PT. Damar Mulia Pustaka, Jakarta.
Kotler, Philip, Armstrong, Gary. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ketiga, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip, AB Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Musselman, Vernon A, Jackson, John H. 2000. Ekonomi Perusahaan, Edisi kesepuluh, Jilid 2, Penerbit Intermedia, Jakarta.
Swastha Basu. 2004. Azas-azas Marketing, Edisi ketiga, Cetakan pertama, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Swastha Basu, Ibnu Sukotjo. 2004. Pengantar Bisnis Modern (Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern), Edisi ketiga, Cetakan pertama, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2000. Metode Penelitian Survey. Jakarta, LP3ES.
Siswanto Sutojo. 2004. Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, Seri Manajemen no. 55, Cetakan ketiga, Penerbit PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit CV Alfabeta, Bandung.