PENGARUH DIMENSI EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TRAVELOKA (Studi Kasus pada Akun Twitter Traveloka)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek) terhadap minat beli konsumen Travelokadi pada akun Twitter Traveloka. Setelah mengetahui pengaruh dari keempat variabel bebas tersebut maka akan disimpulkan pengaruhnya secara parsial dan simultan, serta menentukan variabel mana yang mempengaruhi variabel terikat (minat beli) secara dominan. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan metode purposive sampling. Data didapat dari kuisioner yang disebarkan pada akun Twitter konsumen yang aktif di akun Twitter Traveloka. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan uji parsial (t test), kesimpulannya adalah bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengaruh secara parsial terhadap minat beli (t hitung > t tabel, Ho ditolak). Uji F menghasilkan kesimpulan bahwa keempat variabel bebas tersebut berpengaruh secara serentak kepada variabel terikat. Koefisien determinasi sebesar 0,586 menunjukkan bahwa dimensi ekuitas yang diteliti pada penelitian ini berpengaruh sebesar 58,6% terhadap minat beli, sedangkan sisanya 41,45% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini.
References
Aaker, D. 2015. Aaker on Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Agusli, D & Kunto, Y. S. 2013. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 1 No. 2: 1-8
Artaji. 2014. “Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Pembelian Notebook Merek Acer (studi pada Pengguna Forum Kaskus)”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Yogyakarrta: Universitas Negeri Yogyakarta
Bachriansyah, R. A. 2011. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Ponsel Nokia.
(Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang)”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
Cobb, W, Chaty, Chyntia A, Ruble, Navela dan Dontho. 1995. Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intent. Journal of Marketing Research. Volume 19
Dodds, W. B, Monroe, Kent, B, Grewal dan Dhruv. 1991. Effects of Price, Brand and Store Information on Buyers Product Evaluation. Journal of Marketing Research. Volume 28
Durianto, D. 2004. Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Durianto, dkk. 2007. Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Engel, J. F, Roger , D. B dan Paul, W. M. 1995. Consumer Behaviour. Orlando: The Dryden Press
Erna Yuli Kartika Sari. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha di Dealer Roda Surya Panji Kabupaten Situbondo. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Situbondo: UNARS
Ferdinand, A. 2000. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: BP Universitas Diponegoro
Hidayat, A. T, dkk. 2012. Hubungan antara Atribut Produk dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran: Volume 1 No. 1
Hadi, Supranto. 2001. Statistik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jogiyanto. 2000. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktis Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
Kartajaya, H. 2004. Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: Mizan
Kotler, P & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Kotler, P. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga
Lubis, M. “Konsumen Indonesia Mulai Menyukai Belanja Online”. www.topbrands.com 9 Maret 2014. Diakses 19 April 2015
Meidinaningsih, R. 2008. “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Minuman Teh Siap Saji Frestea)”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Nirmala, E. 2014. Pemasaran Online. Jakarta: BP3TKBP
Rangkuti, F.2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Shimp,T. 2000. Periklanan, Promosi dan Apsek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga
Simamora, B. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Singarimbun, M & Effendi, S. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES Indonesia
Sitinjak, T & Tumpal, J. R. S. 2005. Pengaruh Citra Merek dan Sikap Merek terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Ekonomi Perusahaan. Volume 12 No. 2: 166-182
Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Supranto. 2004. Analisis Multivariat.: Arti dan Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta
Susanto, A. B. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Mizan
Tjiptono, F dan Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Tjiptono, F. 2014. Branding & Brand Longevity di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi
Wahjuni, A. S dan Cahyadi, I G. 2007. “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda”. Majalah Ekonomi. Tahun XVII. No. 2 Agustus: 145-156
Wijaya, A. W. 1993. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara
Wasesa, S. A. 2011. Political Branding & Public Relations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
traveloka.com diakses pada 6 April 2015
blog.traveloka.com diakses pada 6 April 2015
twitter.com/traveloka diakses pada 10 Maret 2015, 14 April 2015, 30 Mei 2015
junaidichaniago.wordpress.com diakses pada 28 Mei 2015 diakses pada 19 Juni 2015