ANALISIS SELISIH SEBAGAI PENGENDALI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PETIS IKAN UD. PANTAI MAS DI KEC. PANARUKAN KAB. SITUBONDO

  • Karnadi Karnadi
  • Lusiana Tulhusnah
  • Rahmat Supriyanto
  • Rahmat Supriyanto

Abstract

Salah satu faktor yang dapat diperhatikan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan adalah pengendalian biaya. Sehubungan dengan efisiensi pada pelaksanaan proses produksi, maka pengendalian biaya pada produksi merupakan kegiatan yang harus dilakukan, Sehingga perusahaan berkewajiban untuk menentukan standar terhadap biaya –biaya untuk memudahkan pengendalian. Permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut .  “Apakah ada penyimpangan antara biaya standart dan biaya produksi yang  sesungguhnya?” Metode pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisa data yang digunakan perhitungan biaya produksi sesungguhnya dengan biaya standart, meliputi biaya pokok standart biaya produksi sesungguhnya. Analisa selisih meliputi perhitungan biaya bahan baku, perhitungan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis selisih harga bahan baku dan selisih pemakaian bahan baku tidak mengalami penyimpangan namun meski tidak menyimpang, selisih ini perlu diperhatikan. Hal ini dapat terja dikarena harga bahan baku sewaktu – waktu dapat mengalami kenaikan dan penurunan harga

References

Adolph mats dan milton F.Ursy, 2001, Akutansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian,Edisi 3,Cetakan Kelima, Jilid 1, Jakarta ,Penerbit Erlangga.

Halim,Abdul,2003, Dasar Dasar Akutansi Biay,Edisi 8,Cetakan Pertama,Jakarta Penerbit Erlangga.

Marsuki. 2003. Metodologi Penelitiaan Sosial, Bandung. Bumi Aksara.

Matz Ursy, 2001, Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian biaya Edisi 4, Cetakan Ketiga, Jilid II, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Mulyadi, 2003. Akuntansi Biaya Penentuan Haraga Pokok Produksi dan Pengendalian biaya , Edisi 5, Cetakan 5, Jilid II, Yogyakarta BPFE UGM.

Mulyadi, 2004, Akuntansi Biaya,Peranan Biaya Dalam Pengambialan Keputusan, Yogyakarta, STIE YKPN.

Mulyadi, 2005, Akuntansi Biaya Untuk Manajemen, Yogyakarta, STIE YKPN.

Mulyanto Suratno, 2001, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomidan Bisnis, BPFE, Yogyakarta.

Reksohadiprodjo, Sukanto dan T. Hani Handoko, 2006, Teori Dan Perilaku Organisasi Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Sarwoto, 2005, Dasar-Dasar Organisasi Manajemen, Jakarta,Ghalia Indonesia.

Sumita Adi Koesoemah, 2001, Cost Accounting, Kakulasi Harga Pokok Produk, Bandung, Tarsito.

Supriyono, 2002. Akuntansi Pengumpulan Biaya Dan Penentuan Harga Pokok,Yogyakarta, BPEE UGM
Published
2016-05-31
How to Cite
KARNADI, Karnadi et al. ANALISIS SELISIH SEBAGAI PENGENDALI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PETIS IKAN UD. PANTAI MAS DI KEC. PANARUKAN KAB. SITUBONDO. Growth, [S.l.], v. 14, n. 1, p. 79–90, may 2016. ISSN 0215-1030. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/growth-journal/article/view/101>. Date accessed: 07 july 2024.