PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VI SDN 3 DEMUNG
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktifitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan aktifitas belajar. am, (2)Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa lembar observasi aktivitas siswa dan hasil tes dalam setiap siklus.Dari hasil analis didapatkan bahwa aktifitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. Pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 72.73% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II mencapai 86.36% dengan kategori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 72.73% (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 100% (tuntas). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktifitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan aktifitas belajar. am, (2)Mengetahui model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa lembar observasi aktivitas siswa dan hasil tes dalam setiap siklus.Dari hasil analis didapatkan bahwa aktifitas dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. Pada siklus I persentase aktifitas siswa sebesar 72.73% dengan kategori cukup aktif, dan pada siklus II mencapai 86.36% dengan kategori aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 72.73% (tidak tuntas), dan pada siklus II mencapai 100% (tuntas). Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 3 Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.